Kompas.com - 22/06/2012, 21:55 WIB
Penulis Ali Sobri
|
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, KOMPAS.com - Semarak pameran Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair 2012 tampak meriah pada malam jelang perayaan Hari Ulang Tahun ke-485 DKI Jakarta, Jumat (22/6/2012) malam ini. Terlihat pemandangan di salah satu stan pameran Betawi di arena Jiexpo Kemayoran, ada beberapa ondel-ondel yang sedang berjingkrak-jingkrak ceria di sana.

Ondel-ondel Betawi itu sedang berdansa dengan pasangannya, satu ondel-ondel pria berwarna merah, satunya lagi ondel ondel wanita berwarna putih. Keduanya diiringi seperangkat tetabuhan gamelan Betawi. Ada Gendong, Tepak, Gendang Kempul, Kenong Kemong, Gong, Tehyan, Krecek dan Terompet yang bersahut-sahutan.

Pengunjung PRJ jadi ikut-ikutan joget. Sepasang Ondel-ondel itu sepertinya tebar pesona di mana-mana, sebab atraksi mereka tidak hanya di depan stan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB), tetapi juga di stan promosi bisnis dan kawasan pameran Jakarta Fair lainnya.

"Pas banget malam HUT DKI Jakarta, jadinya banyak yang melihat kami, dan ikut berfoto bersama ondel-ondel Betawi," kata Andhika Syarifah, wakil stan LKB & Seraci Batik Betawi.

Ondel-ondel tersebut tidak seperti biasanya. Syarifah mengatakan kalau ondel-ondel disebar di beberapa titik di kawasan pameran, suasananya akan lebih Jakarta.

"Selama pameran berlangusng ondel-ondel akan terus ada, karena ini kan ikon Jakarta. Selain ikutan karnaval, ondek-ondel juga menandakan semangat dan keberanian orang Jakarta, sekaligus kebaikan dan kesucian warga Betawi asli," katanya lagi menjelaskan filosofi ondel-ondel pria dan wanita.

Selain ondel-onde Betawi, stan yang dibuat sedemikian rupa menyerupai teras depan rumah tradisional Betawi ini juga menggelar arak-arak sunatan Betawi, dan karnaval busana pengantin Betawi, di panggung Budaya Gambir Expo Kemayoran.

"Pokoknya biar HUT ke-485 DKI ini jadi lebih semarak dan kental kebudayaan dan kesenian Betawinya," tambah Syarifah. Dia juga menyebutkan, stan yang dijaganya pun menyediakan batik tulis khas Betawi karya Seraci, beserta souvenir kerajinan tangan, cinderamata, makanan khas Betawi, seperti Geplak, Dodol, Sagon, kembang kelapa, Tapang, serta minuman rempah-rempah khas beer pletok menjadi sasaran pengunjung Jakarta fair tahun ini.

Malam perayaan HUT ke-485 DKI Jakarta di PRJ tahun ini juga akan menggelar pesta kembang api di arena panggung Utama Jakarta Fair 2012. Pesta Kembang api ini akan dihadiri Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, dan akan berlangsung tengah malam nanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.