Orang Batak di Bali Kenalkan Tor-tor sebagai Budaya Indonesia kepada Wisman - Kompas.com

Orang Batak di Bali Kenalkan Tor-tor sebagai Budaya Indonesia kepada Wisman

Kompas.com - 24/06/2012, 19:25 WIB

KUTA, KOMPAS.com- Beragam cara dilakukan untuk memperkenalkan budaya bangsa kepada dunia internasional. Memanfaatkan momentum polemik Tor-tor yang diklaim Malaysia, Ikatan Keluarga Batak Bali (IKBB) bergerak cepat dengan meyakinkan dunia internasional bahwa Tor-tor adalah milik Indonesia.

Kawasan wisata Kuta merupakan lokasi strategis untuk mempromosikan Tor-tor di dunia internasional. Pantai yang menjadi salah satu tujuan utama wisata dunia ini setiap harinya dikunjungi ribuan wisatawan lokal dan asing. IKBB menampilkan tarian Tor-tor di bibir pantai Kuta lengkap dengan pakaian khas Mandailing dan diiringi alunan musik Gordang Sambilan.

"Kita protes ke Konsulat (Malaysia) sekaligus memperkenalkan seperti apa sih Tor-Tor termasuk ke wisatawan asing," jelas Yuri Nasution, penasehat IKBB disela-sela pertunjukan tari Tor-tor di pantai Kuta.

Sejumlah wisatawan asing yang melihat pertunjukan tar Tor-Tor dipinggir pantai ini menyempatkan untuk mengabadikan gambar para penari Tor-tor yang belum pernah mereka saksikan sebelumnya.


EditorPepih Nugraha

Terkini Lainnya


Close Ads X