Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilihan Abnon Jakarta 2012 Kolaborasikan Budaya Tradisional dan Modern

Kompas.com - 25/06/2012, 16:41 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilihan Abang None Jakarta 2012 kembali digelar. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Arie Budhiman, mengatakan sebanyak 18 finalis pasangan abang dan none (Abnon) perwakilan lima kotamadya dan satu kabupaten administrasi Provinsi DKI Jakarta akan bertarung menunjukkan kemampuan bakat dan intelektualitasnya.

"Sebanyak 18 pasangan Abnon ini merupakan mereka-mereka yang terpilih dari sekitar 1.854 peserta yang telah mendaftar dan melewati berbagai penyisihan. Jumlah peserta Abnon tahun ini meningkat 14,94 persen dari tahun 2011 dan mencapai 1.613 peserta," kata Arie di Balaikota, Senin, (25/6/2012).

Dewan juri yang juga memberikan pembekalan dan latihan pada masa karantina sebanyak tujuh orang. Mereka adalah pakar sejarah Jakarta dan Budaya Betawi, Rusdi Saleh, pakar kecantikan dan tata busana, Maudy Koesnaedy, pakar pemerintahan dan pengetahuan umum, Robert P Silalahi, pakar public relation dan marketing, Hermawan Kertajaya, pakar etiket dan kepribadian, Prita Kemal Gani, pakar kepariwisataan dan bahasa asing, Titi Koesoemo dan pakar psikologi Surasti Nurdadi.

18 pasang tersebut akan memperebutkan gelar Abang None Jakarta 2012, Wakil I Abnon Jakarta, Wakil II Abnon Jakarta, Harapan I-III Abnon Jakarta dan Favorit Abnon Jakarta. Selain menampilkan bakat dan kemampuan intelektual mereka, bahasa juga merupakan faktor penting penilaian Abnon 2012.

"Dalam penilaian juri nanti, para finalis juga harus dapat menguasai bahasa asing sebagai bahasa kedua dan ketiga. Sebagai duta wisata, harus menguasai minimal bahasa Inggris. Yang tidak boleh dilupakan tentunya bahasa Indonesia yang baik dan benar," ujarnya.

Ketua dewan juri, Rusdi Saleh mengatakan ada empat tahap penilaian tingkat provinsi, yaitu wawancara (setiap abnon dihadapkan kepada tujuh dewan juri), penampilan berbusana (keserasian dan pengetahuan mereka dalam berbusana), diskusi kelompok (kemampuan berdiskusi dan bekerjasama). Pada malam final juga akan dinilai oleh masyarakat.

Malam Grand Final Pemilihan Abang None Jakarta 2012 akan diselenggarakan tanggal 3 Juli 2012 di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com