Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNN: 70 Persen Pemakai Narkoba adalah Pekerja

Kompas.com - 26/06/2012, 14:39 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Gories Mere mengungkapkan, pemakai narkoba di Indonesia didominasi oleh kalangan pekerja dan pelajar. Hal tersebut diungkapkan Gories dalam peringatan Hari Anti Narkotika Indonesia (HANI) yang diselenggarakan di Balai Rehabilitasi BNN di Baddoka, Makassar, Selasa (26/06/2012).

Menurut Gories, di Indonesia sebanyak 70 persen pengguna narkoba adalah pekerja, dan 22 persen lainnya adalah pelajar. Angka ini mengalami kenaikan dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk penggunaan narkoba jenis sabu dari tahun 2007 hingga 2011 mengalami peningkatan, terlebih lagi penggunaan narkoba jenis ganja, heroin, dan kokain meningkat hingga 3 kali lipat. "Ini tentunya menjadi ancaman bagi Indonesia untuk generasi penerus bangsa. Di mana kebanyakan narkoba dipasok dari luar negeri," ungkap Gories.

Selain itu, lanjut Gories, banyak Warga Negara Indonesia (WNI) yang tertangkap di luar negeri, karena terkait kasus narkoba. Dari data yang diperoleh BNN, sebanyak 376 orang WNI sementara menunggu hukuman mati, dan sebanyak 83 orang diancam hukuman penjara seumur hidup. "376 orang WNI yang sedang menunggu hukuman mati. 83 orang terancam seumur hidup," kata Gories.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com