Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Tiga Jalur Koridor Baru Busway

Kompas.com - 02/07/2012, 16:34 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berjanji menyelesaikan 15 koridor busway sesuai dengan yang tercatat dalam cetak biru pola transportasi makro.

Setidaknya ada tiga jalur lagi yang akan dilalui oleh transjakarta. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan bahwa 15 koridor busway itu akan segera direalisasikan. Saat ini sudah 11 koridor busway beroperasi, dan koridor 12 akan segera dioperasikan pada akhir tahun ini.

"Ada tiga lagi yang akan dibangun setelah koridor 12. Ini untuk melengkapi 15 koridor yang memang sudah digagas," kata Pristono, Senin (2/7/2012) di Jakarta.

Adapun tiga koridor yang akan dibangun setelah koridor 12 ini mengambil jalur Ciledug-Blok M, Kali Malang-Blok M, dan Depok-Manggarai.

Rencananya ada beberapa bagian dari tiga koridor yang dibangun dengan konsep elevated atau jalur layang. "Hanya beberapa bagian tertentu saja yang akan dibangun secara elevated nantinya. Diutamakan yang kawasan padat," ujar Pristono.

Sesuai dengan konsep proyek, koridor jalur Ciledug-Blok M akan dibangun dengan konsep jalan layang, mulai dari Budi Luhur hingga Alfa Cipulir. Adapun jalur Kali Malang-Blok M akan dibangun dari depan Sumber Arta hingga By Pass dan dilanjutkan lagi dari Tendean hingga Blok M.

"Untuk jalur Manggarai-Depok dimulai dari Honda Tebet hingga Terminal Pasar Minggu," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com