Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Foto: Aksi Petani Tolak RPP Tembakau

Kompas.com - 03/07/2012, 13:30 WIB
Andrean Kristianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ribuan orang, massa aksi petani tembakau yang mengatasnamakan Koalisi Nasional Penyelamat Kretek (KNPK) berunjuk rasa menolak pengesahan RPP Tembakau Revisi UU 36/2009 tentang Kesehatan.

Mereka berasal daerah-daerah sentra tembakau di Jawa datang menggunakan bus pariwisata AC. Massa melakukan aksi dengan mendatangi sejumlah instansi pemerintahan yaitu Kantor Kementerian Kesehatan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, dan Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat.

Aksi tersebut bertujuan untuk menolak pengesahan Rancangan Peraturan  Pemerintah (RPP) tentang pengamanan bahan yang mengandung zat adiktif berupa produk tembakau oleh pemerintah. Menurut mereka kebijakan tersebut akan mencederai masyarakat yang menggantungkan hidupnya di sektor tembakau.

KNPK berpendapat bahwa RPP tembakau baik langsung maupun tidak langsung jelas-jelas akan merugikan penghidupan petani dan buruh. Sikap pemerintah khususnya Kementerian Kesehatan, dinilai sebenarnya sangat dipengaruhi oleh modal asing.

Beberapa massa aksi diterima masuk ke dalam kantor Kemenkumham untuk berdialog kemudian massa bergerak menuju Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com