Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei LP3ES, Foke-Nara dan Jokowi-Ahok Bertemu di Putaran Kedua

Kompas.com - 03/07/2012, 18:32 WIB
Adri Prima

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Survei Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi dan Sosial, MNC Riset, dan Prisma menyimpulkan, pasangan petahana Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli akan bersaing hingga putaran kedua Pemilu Kepala Daerah DKI Jakarta dengan pasangan Joko Widodo-Basuki T Purnama atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jokowi-Ahok.

Berdasarkan hasil riset, dukungan terhadap kedua pasangan tersebut melebihi angka 20 persen, sedangkan pasangan lain di bawah 10 persen. "Foke-Nara (Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli) masih unggul dengan 24,5 persen dukungan, diikuti Jokowi-Ahok dengan 22,7 persen," ujar Suhardi, salah seorang peneliti LP3ES, dalam jumpa pers di MNC Tower, Jalan Kebon Sirih Raya, Jakarta Pusat, Selasa (3/7/2012).

Suhardi menambahkan, dukungan untuk pasangan lain masih jauh di bawah Foke-Nara dan Jokowi Ahok. "Hidayat-Didik berada di urutan ketiga dengan 4,9 persen suara, diikuti Alex-Nono dengan 2,8 persen, Faisal-Biem 2,7 persen, serta Hendardji-Riza di urutan terbawah dengan 1,1 persen suara," lanjutnya.

Survei dilakukan via telepon atau telepolling. Responden merupakan pelanggan telepon kabel di lima kota di DKI Jakarta, yang diambil secara acak menggunakan buku telepon residensial terbaru dari PT Telkom.

"Secara umum responden merupakan kalangan menengah, pendidikan minimal SMA, dan rata-rata bekerja di perusahaan swasta," tutur Suhardi.

Ia juga mengatakan, survei ini bertujuan untuk mewakili pendapat masyarakat secara umum. Presentase kesalahan dari metode telepolling berada di angka 3,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com