Kompas.com - 05/07/2012, 15:53 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

SEMARANG, KOMPAS.com - Seorang perempuan, SR (27) asal Jebres, Surakarta kedapatan membawa ganja seberat 4,2 kilogram. SR ditangkap Direktorat Reserse Narkoba Polda Jateng pada Sabtu, 30 Juni 2012, tidak jauh dari rumahnya.

Kepala bidang Humas Polda Jateng Kombes Pol Djihartono mengatakan, tersangka berperan sebagai kurir atau perantara dalam hal jual beli narkoba jenis ganja. "Ini termasuk kasus dengan barang bukti sitaan yang cukup banyak, dan kasus ini terus dikembangkan," katanya saat gelar perkara di Polda Jateng, Kamis (5/7/2012).

Dari pengakuan tersangka diketahui keseluruhan ganja sebenarnya seberat 10,7 kilogram yang diambil di Taman Sekar Taji Jebres dari seorang lelaki bernama K. K merupakan teman dari J, yang tak lain adalah kakak ipar tersangka.

Dari jumlah tersebut, sekitar 6 kilogram ganja sudah diambil seorang perempuan, yakni pacar dari saudara J. "Dan sisa ganja ini sebenarnya akan diserahkan pada temannya J, tapi belum sempat diserahkan sudah tertangkap oleh polisi. Ganja dibawa dengan menggunakan plastik warna hitam," katanya.

Barang bukti yang berhasil diamankan dari tersangka selain 4,2kilogram ganja yang terbungkus plastik, ada satu buah timbangan plastik dan satu buah telepon genggam. Tersangka dan barang bukti saat ini berada di Ditres Narkoba Polda Jateng untuk penyidikan lebih lanjut.

Tersangka diduga melanggar Pasal 111 ayat 2 atau Pasal 114 ayat 2 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun.

Berdasarkan data dari Polda Jateng, peredaran narkoba di Jawa Tengah yang tergolong rawan terjadi di Solo dan Semarang. Sebab itu, pihak kepolisian terus melakukan berbagai upaya dalam menekan peredaran narkoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.