Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Penerima Raskin Berkurang

Kompas.com - 06/07/2012, 15:24 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com- Jumlah rumah tangga sasaran (RTS) penerima beras untuk keluarga miskin di Kabupaten Garut, Purwakarta, Bogor, dan Sukabumi turun. Beda dengan 4 daerah itu, 22 kabupaten/kota lain di Jawa Barat, justru bertambah.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat, Gema Purwana, di Purwakarta, Jumat (6/7/2012), mengatakan, secara umum jumlah RTS penerima raskin di Jawa Barat bertambah 273.502 rumah tangga. Khusus di Garut, Sukabumi, Bogor, dan Purwakarta berkurang.

Gema menambahkan, data itu mengacu hasil survei yang telah diverifikasi Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Survei dilaksanakan oleh BPS pada tahun 2011.

Ada penolakan sebagian ketua rukun tetangga (RT), rukun warga (RW), dan lurah karena jumlah RTS di wilayahnya berkurang. Mereka menolak menyalurkan raskin karena khawatir diprotes warganya.

Sebelumnya, sejumlah ketua RT dan RW di Purwakarta menolak menyalurkan raskin. Mereka menilai hasil pendataan kurang akurat karena ada warga yang masih miskin tetapi tak tercantum di daftar penerima raskin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com