Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelabuhan Perikanan Belum Memadai

Kompas.com - 07/07/2012, 05:17 WIB

Sibolga, Kompas - Kementerian Kelautan dan Perikanan mengakui masih banyak pelabuhan perikanan di Indonesia yang belum beroperasi dengan baik. Hal itu antara lain karena belum terbentuk kelembagaan pengelola sebagai penanggung jawab serta fasilitas pelabuhan perikanan belum memadai.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan Heryanto Marwoto dalam kunjungan ke Pelabuhan Perikanan Nusantara Sibolga, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Jumat (6/7), mengemukakan, fasilitas pelabuhan belum dapat dilengkapi karena memerlukan dana yang sangat besar sehingga perlu bantuan pendanaan dari pemerintah daerah.

”Pengembangan dan peningkatan fasilitas pelabuhan merupakan bagian dari program industrialisasi kelautan dan perikanan,” ujarnya.

Hingga saat ini terdapat total 816 pelabuhan perikanan dan pangkalan pendaratan ikan milik pemerintah untuk melayani dan memfasilitasi kapal perikanan dan usaha perikanan di sejumlah daerah.

Marwoto menekankan perlunya pelabuhan perikanan memberikan pelayanan dan pembinaan terhadap pelabuhan perikanan swasta dalam pemanfaatan potensi ikan, termasuk ikan yang didaratkan.

Selama ini, konektivitas dan sistem informasi pelabuhan belum menjangkau semua pelabuhan perikanan.

Sementara itu, Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Sibolga Henry M Batubara mengemukakan, banyak tangkahan (pelabuhan kecil) yang dibangun perusahaan swasta untuk kebutuhan sendiri, tetapi berkembang menjadi pelabuhan swasta dan tempat lelang ikan nelayan lokal. Maraknya tangkahan turut dipicu oleh minimnya sarana pelabuhan ikan yang dibangun pemerintah. (LKT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com