Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjelang Ramadhan, Guyuran Dana ke ATM BRI Capai Rp 25 Triliun

Kompas.com - 11/07/2012, 14:18 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Permintaan dana tunai menjelang Ramadhan diperkirakan melonjak. Karena itu, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk akan mengguyur sebanyak 10.623 anjungan tunai mandiri miliknya senilai Rp 25 triliun.

"Dana yang disiapkan sebesar Rp 25 triliun untuk ATM dan cadangan kas cabang selama bulan puasa sampai dengan Lebaran (20 Juli hingga 20 Agustus)," ujar Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali dalam siaran persnya, Rabu (11/7/2012).

Dibandingkan dengan tahun lalu, tahun ini terjadi peningkatan kebutuhan dana tunai sampai di atas Rp 10 triliun. Karena itu, BRI memasok sebesar Rp 25 triliun. Tahun lalu, BRI secara keseluruhan menyiapkan dana tunai Rp 15,391 triliun. Dana itu untuk memenuhi kebutuhan operasional di unit kerja (Uker) BRI dan ATM Bank BRI secara nasional mulai dari H-7 sampai dengan H+7.

Selain itu, BRI juga mempersiapkan posko layanan Lebaran di jalur mudik dengan mempergunakan E-BUZZ BRI untuk melayani kebutuhan perbankan pemudik (H-7 sampai  H+1). Meski sedang libur nasional, sejumlah layanan perbankan akan tetap diberikan BRI.

"Layanan yang buka selama libur Lebaran adalah layanan PT Pertamina (18, 20, 22 Agustus), layanan PT ASDP (19-22 Agustus), layanan cash pickup PT Angkasa Pura I dan II, layanan SSDP (18, 21, 22 Agustus), dan layanan imigrasi untuk visa on arrival (voa)," papar Ali.

"BRI juga mengantisipasi kedatangan atau mudik dari luar negeri. Bahkan, secara khusus, BRI menggelar program mudik bareng TKI (tenaga kerja Indonesia) bersama BRIFast Remittance. Untuk TKI nasabah BRI dari lima negara (Malaysia, Hongkong, Taiwan, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab) sebanyak 50 nasabah TKI," kata Ali.

Meski demikian, pihaknya juga meminta nasabah Bank BRI agar waspada terhadap meningkatnya aksi kriminalitas menjelang hari raya. Untuk itu, pihaknya mengimbau agar nasabah berhati-hati saat mengambil dana tunai, baik saat bulan puasa maupun Idul Fitri. Mengambil uang seperlunya sesuai dengan kebutuhan mengingat saat ini BRI telah menyediakan ATM dalam jumlah banyak dan tersebar di seluruh Indonesia.

BRI, lanjut Ali, meminta nasabah menjaga kerahasiaan PIN serta selalu mengubah PIN secara berkala. Bila terjadi permasalahan, segera hubungi call center BRI di 1 4017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com