Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faisal-Biem Tak Akan Jual Suara

Kompas.com - 11/07/2012, 16:13 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pasangan calon gubernur DKI Jakarta jalur independen, Faisal Basri Batubara-Biem Benjamin, mengaku realistis atas hasil penghitungan sementara pilkada. Jika tidak masuk putaran kedua, mereka menegaskan, suaranya tidak akan dijual ke pasangan lainnya.

"Kami akan menjadi pengingat, oposisi, terhadap siapa pun yang menang. Kami tidak akan menjual suara rakyat. Kami tidak akan bernegosiasi dengan siapa pun untuk menyerahkan suara rakyat," kata Faisal dalam siaran persnya, Rabu (11/7/2012).

"Yang mendukung kita cukup paham tentang program yang kita tawarkan, kira-kira siapa yang paling dekat. Tidak ada pengarahan. Kita anggap pendukung kita orang yang cerdas," lanjutnya.

Faisal mengaku berbesar hati setelah melihat calon independen mendapat suara yang cukup banyak dan mengalahkan suatu kekuatan yang didukung oleh banyak partai. Sementara wakilnya, Biem Benjamin, cukup bangga karena suara yang diperoleh berdasarkan penghitungan sementara cukup besar. Kebanggaan tersebut dirasakan karena independen yang tidak punya modal masih bisa berdaya menghadapi kekuatan partai politik.

"Kita selama ini saweran karena kita tidak mau mengikatkan diri pada partai," kata Biem.

Faisal menambahkan, pihaknya tidak akan berhenti menggelorakan semangat independen. Rencananya, ia akan membuat buku tentang segala sesuatu yang terkait dengan kekuatan independen dalam maju ke pilkada.

"Buku ini akan mempermudah learning process di tempat lain. Jangan sampai pengalaman kami ini sia-sia. Ini bukan buat kami, tapi buat teman-teman yang lain," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com