Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LSI: Pilkada Putaran Kedua Akan Berjalan Sengit

Kompas.com - 11/07/2012, 23:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Lembaga Survei Indonesia (LSI) memprediksi bahwa putaran kedua Pilkada DKI Jakarta pada September 2012 akan berlangsung sengit.

"Terutama mengenai adu strategi yang akan diterapkan oleh tim sukses masing-masing calon dalam menjaring pemilih calon gubernur dan wakil gubernur," kata Direktur Komunikasi LSI Burhanuddin Muhtadi di Kantor LSI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (11/7/2012).

Oleh karena itu, Burhanuddin mengatakan harus pandai-pandai membaca strategi tiap-tiap pasangan calon pada putaran kedua nanti.

Ia menilai pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama (Jokowi-Ahok) memiliki kesempatan lebih besar untuk merangkul pemilih calon gubernur dan calon wakil gubernur (cagub-cawagub) lain.

"Jokowi lebih lincah karena sudah mulai membangun komunikasi dengan sejumlah kandidat, termasuk yang kalah, sehingga peluang menangnya lebih besar," ujar Burhanuddin.

Untuk pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli (Foke-Nara), Burhanuddin menilai pasangan tersebut akan memperoleh keuntungan dari isu primordial terkait etnis dan agama.

"Putaran kedua nanti akan menyeret masalah primordial, seperti etnis dan agama. Seyogianya, isu primordial itu tidak boleh digunakan," ujar Burhanuddin.

Burhanuddin menuturkan, kedua pasangan kandidat yang akan bertarung pada putaran kedua mendatang sebaiknya melakukan pendekatan terhadap massa partai pada tingkat akar rumput. Pasalnya, sambung Burhanuddin, dukungan yang diperoleh, baik pada tingkat calon maupun tingkat partai, sering kali tidak sejalan dengan aspirasi massa di tingkat bawah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com