Ganja 3,9 Kg dari Seorang Janda Itu Dimusnahkan

Kompas.com - 16/07/2012, 15:36 WIB
|
EditorFarid Assifa

SEMARANG, KOMPAS.com - Polda Jawa Tengah memusnahkan barang bukti tindak kejahatan berupa narkotika golongan I jenis ganja seberat 3,9 kg di halaman markas Polda Jateng, Senin (17/6/2012). Ganja tersebut didapatkan dari tersangka seorang janda muda, SR (27) warga Jebres, Surakarta yang ditangkap Direktorat Reserse Narkoba Polda Jateng pada Sabtu (30/6/2012) lalu tidak jauh dari rumahnya.

Direktur Reserse Narkoba Polda Jawa Tengah, Kombes Pol John Turman Panjaitan mengatakan ganja yang dimusnahkan ini merupakan terbesar yang ditangani Polda Jateng selama 2012. "Setelah mendapatkan izin dari kejaksaan setempat maka barang bukti akan langsung kami musnahkan, biasanya bisa sebulan sekali atau dua kali. Tapi ini termasuk yang terbesar," ujarnya.

Pemusnahan ganja digelar di halaman Markas Polda Jateng dengan cara dibakar yang secara simbolik dilakukan oleh Wakapolda Jateng, Kombes Ahmad Syukrani. Biasanya pemusnahan dengan menggunakan alat penyedot asap di dalam ruangan, namun hal itu tidak dilakukan karena alatnya rusak.

"Setiap barang yang sudah dipastikan narkoba dan pelakunya ditangkap, serta mendapatkan izin dari kejaksaan, barang ini akan dimusnahkan baik dengan cara dibakar ataupun cara lain," jelasnya.

Seperti diketahui dari pengakuan tersangka diketahui keseluruhan ganja sebenarnya seberat 10,7 kg yang diambil di Taman Sekar Taji Jebres dari seorang pria bernama K. Diketahui K adalah teman J, kakak ipar tersangka yang saat ini ada dipenjara. Dari jumlah tersebut, sekitar 6 kg ganja sudah diambil seorang perempuan yang merupakan teman J. Berdasarkan data dari Polda Jateng, daerah rawan peredaran narkoba di Jawa Tengah adalah Solo dan Semarang. Sebab itu pihak kepolisian terus melakukan berbagai upaya dalam menekan peredaran narkoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.