Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Ramadhan, Penjual Bunga Banjir Pembeli

Kompas.com - 18/07/2012, 14:45 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Bagi pedagang bunga di Kota Kediri, Jawa Timur hari ini dan besok merupakan puncak permintaan bunga untuk keperluan peziarah kubur.

" Hari Ini memang ramai pembeli. Sebab, dua hari lagi kan sudah masuk puasa," kata Ponijah, pedagang bunga di pusat bunga khusus keperluan ziarah kubur, Jalan Patimura, Rabu (18/7/2012).

Hal senada juga disampaikan oleh Permadi, pedagang lainnya. Permadi memprediksi, besok pembeli akan lebih ramai lagi karena hari itu bertepatan dengan malam Jumat.

"Besok kayaknya hari terakhir dan pas hari Jumat, pasti lebih ramai," kata Permadi. Meskipun demikian keduanya mengatakan harga bunga relatif sama dengan tahun sebelumnya. Jika ada kenaikan, hanya sedikit sekali.

Permadi menyediakan khusus bunga jenis Kenanga yang setiap kilogramnya dijual Rp 80.000. Sementara Ponijah menjual bunga mawar merah dan mawar putih secara paket kemasan plastik ukuran setengah kilogram. Setiap satu paket dia banderol Rp 25.000 untuk mawar putih, dan Rp 20.000 untuk mawar merah.

Bunga-bunga tersebut berasal dari wilayah Kediri dan daerah sekitarnya. Selama ini, pasokan bunga yang sedikit tersendat adalah jenis mawar merah muda. Salah satu pembeli, Fatimah, mengatakan hari ini menyempatkan diri untuk melakukan ziarah kubur ke makam sanak saudaranya. "Sudah tradisi berziarah ke makam sekaligus silaturahmi dengan keluarga di Kediri," kata wanita asal Surabaya ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com