Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo Buruh Tuntut Hapus Outsourcing

Kompas.com - 18/07/2012, 16:11 WIB
Joe Leribun

Penulis

JAKARTA, Kompas.com - Sekitar 500-an buruh yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) melakukan unjuk rasa di Carrefour Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (18/7/2012) siang. Para buruh yang tergabung dalam KASBI ini datang dari berbagai daerah di Indramayu, Bekasi, Tangerang, Bandung, Kerawang dan Sumatera Barat, menuntut penghapusan sistem kontrak dan outsourcing.

Ahmad, koordinator lapangan KASBI Bandung mengatakan, "Kami berorasi di depan Carrefour hari ini untuk mendukung kawan-kawan karyawan Careffour yang diskorsing selama setahun, beberapa karyawan ini diskorsing karena perjuangan mereka menghapus sistem outsourcing yang diterapkan pihak Carrefour."

Hingga saat ini perwakilan dari KASBI sedang mengadakan perundingan dengan pihak pengelola Carrefour Lebak Bulus. Dalam demonstrasi ini para buruh merusak pagar pengaman menuju tempat parkir Carrefour Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Dari hasil pantauan sekitar pukul 13:00 WIB, para buruh terlihat kompak mengenakan kaos berkerah warna merah bertuliskan KASBI: mudah, berani dan militan. Sebagian dari mereka membawa bermacam atribut, seperti bendera KASBI, poster, dan juga spanduk. Salah satu spanduk bertuliskan: Hapus kerja kontrak dan outsourcing. Upah layak sekarang juga!

Sedangkan, sejumlah personel kepolisian yang bertugas mengawal jalannya unjuk rasa juga telah tampak di lokasi. Sekitar puluhan personel kepolisian terlihat standby di parkiran Carrefour Lebak Bulus. Sementara itu, arus lalu lintas Jalan Raya Ciputat, Kebayoran menuju Lebak Bulus tersendat. Belum tampak adanya pengalihan arus. Terlihat 2-3 polisi tengah sibuk mengatur arus lalu lintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com