Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2012, 16:11 WIB
Penulis Joe Leribun
|
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, Kompas.com - Sekitar 500-an buruh yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) melakukan unjuk rasa di Carrefour Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (18/7/2012) siang. Para buruh yang tergabung dalam KASBI ini datang dari berbagai daerah di Indramayu, Bekasi, Tangerang, Bandung, Kerawang dan Sumatera Barat, menuntut penghapusan sistem kontrak dan outsourcing.

Ahmad, koordinator lapangan KASBI Bandung mengatakan, "Kami berorasi di depan Carrefour hari ini untuk mendukung kawan-kawan karyawan Careffour yang diskorsing selama setahun, beberapa karyawan ini diskorsing karena perjuangan mereka menghapus sistem outsourcing yang diterapkan pihak Carrefour."

Hingga saat ini perwakilan dari KASBI sedang mengadakan perundingan dengan pihak pengelola Carrefour Lebak Bulus. Dalam demonstrasi ini para buruh merusak pagar pengaman menuju tempat parkir Carrefour Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Dari hasil pantauan sekitar pukul 13:00 WIB, para buruh terlihat kompak mengenakan kaos berkerah warna merah bertuliskan KASBI: mudah, berani dan militan. Sebagian dari mereka membawa bermacam atribut, seperti bendera KASBI, poster, dan juga spanduk. Salah satu spanduk bertuliskan: Hapus kerja kontrak dan outsourcing. Upah layak sekarang juga!

Sedangkan, sejumlah personel kepolisian yang bertugas mengawal jalannya unjuk rasa juga telah tampak di lokasi. Sekitar puluhan personel kepolisian terlihat standby di parkiran Carrefour Lebak Bulus. Sementara itu, arus lalu lintas Jalan Raya Ciputat, Kebayoran menuju Lebak Bulus tersendat. Belum tampak adanya pengalihan arus. Terlihat 2-3 polisi tengah sibuk mengatur arus lalu lintas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.