Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Puasa, TPU Ramai Pengunjung dan Pedagang Bunga

Kompas.com - 18/07/2012, 20:32 WIB
Kiki Budi Hartawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Memasuki bulan Ramadhan, sejumlah tempat pemakaman umum ramai dikunjungi masyarakat, seperti di TPU Kemiri, Jalan Balai Pustaka Raya, Rawa Mangun, Jakarta Timur.

TPU Kemiri dipadati para peziarah, yang didominasi rombongan keluarga. Selain itu, kawasan TPU juga diramaikan oleh para pedagang bunga dadakan yang sibuk menawarkan barang dagangannya kepada para peziarah di areal pintu masuk. Alhasil, Jalan Balai Pustaka Raya mengalami kemacetan yang panjang.

Fajar (30), warga Kemayoran yang datang bersama kedua orangtua, istri, anak serta saudara kandungnya, mengaku datang untuk mendoakan sekaligus membersihkan makam adiknya bernama Rani yang meninggal empat tahun yang lalu.

"Setiap mau puasa dan setelah Idul Fitri, kami sekeluarga memang rutin ziarah ke sini," ujar Fajar di TPU Kemiri, Rabu (18/7/2012), seusai ziarah.

Rahmat (58), yang datang bersama istri serta dua anaknya, mengaku rutin nyekar ke makam mertua menjelang Ramadhan maupun seusai Idul Fitri.

"Kalau kondisi makamnya cukup nyaman, karena TPU-nya besar jadi lumayan capai. Belum lagi, saya dan pengunjung lainnya kesulitan untuk mencari lahan parkir," keluh Rahmat.

Di kesempatan lain, Slamet (40), salah seorang petugas TPU Kemiri, mengatakan, sejak sepekan lalu, para peziarah sudah ramai mengunjungi TPU tersebut. Menurut dia, jumlah peziarah selalu banyak setiap tahun, mencapai ribuan orang.

"Para peziarah biasanya memadati TPU jelang Ramadhan maupun seusai Idul Fitri," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com