Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PARIWISATA

Pulau Derawan dan Maratua Ditetapkan Jadi Desa Wisata

Kompas.com - 19/07/2012, 13:45 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu, menetapkan Pulau Derawan dan Maratua di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai desa wisata. Penetapan dilakukan, untuk mendukung pengembangan wisata bahari di kawasan pulau itu, dengan berbasis masyarakat.

Mari di Jakarta, Kamis (19/7/2012) ini, menyatakan, masyarakat harus dilibatkan secara aktif dalam mengembangkan kawasan wisata Pulau Derawan, terutama menumbuhkan kesadaran dalam mengendalikan lingkungan.

"Dengan terpeliharanya kawasan wisata, maka ekosistem yang hidup di kawasan wisata a kan tetap terpelihara sehingga menarik minat wisatawan untuk datang," ungkap Mari. 

Ia menambahkan, potensi yang dinikmati wisatawan di Pulau Derawan ini adalah wisata bawah lautdengan spot-spot diving sebagai daya tarik.

Pulau Derawan merupakan salah satu destinasi yang dikembangkan dengan pola DMO (Destination Management Organization ) sebagai kluster wisata bahari (cluster marine tourism).

Kemenparekraf bersama stakehoder pariwisata (Pemda, industri, dan masyarakat) tengah mengembangkan 15 destinasi DMO tersebar di seluruh Tanah Air.

Lima belas DMO ini terbagi dalam cluster heritage , cluster ecotourism, cluster geopark, serta cluster marine tourism seperti Pulau Derawan dan Raja Ampat di Papua Barat.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com