Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI Ikut Pengamanan Siaga di Bulan Ramadhan

Kompas.com - 19/07/2012, 14:55 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksanaan bulan puasa bagi umat muslim tahun ini akan mendapatkan pengawalan 8.645 personel gabungan pengamanan. Banyaknya petugas yang diturunkan untuk mengantisipasi aksi kejahatan, gesekan ormas, hingga peristiwa kebakaran yang terjadi.

Hal itu diungkapkan Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Agung Budi Maryoto, Kamis (19/7/2012), di Mapolda Metro Jaya. Jumlah itu, katanya, merupakan pasukan gabungan dari Polda Metro Jaya, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, Jasa Marga dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

"Personel gabungan ini diturunkan dalam rangkaian pengamanan pada bulan puasa, saat sehari menjelang idul fitri, sholat Ied dan juga pasca hari raya Idul Fitri," tutur Agung.

Dari jumlah personel yang disiagakan, sebanyak 8.000 personel gabungan dari Polda beserta jajarannya, 300 anggota Satpol PP, 300 personel dinas perhubungan, 30 personel pemadam kebakaran, 25 personel Bidokes Polda, dan Jasa Marga sebanyak 100 personel serta TNI sebanyak 90 personel.

"Kepolisian dan instansi terkait juga akan membuat sejumlah posko di beberapa titik yang dianggap rawan, seperti rawan kriminalitas, banjir, balap liar, lokasi perbelanjaan, pasar tumpah, terminal utama, rawan macet, beberapa masjid utama, bandara, kereta api hingga pelabuhan," katanya.

Jumlah pos pengamanan yang ditempatkan di jalan berjumlah 126 pos dengan jumlah personel di tiap posnya berbeda-beda, tergantung situasi dari daerah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com