Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peninggian Separator "Busway" di 3 Koridor

Kompas.com - 19/07/2012, 19:30 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan meninggikan separator busway di tiga koridor bus transjakarta. Peninggian separator busway menjadi 50 cm akan dilakukan secara bertahap hingga akhir tahun ini. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, Kamis (19/7/2012), seusai rapat gabungan lintas sektor di Mapolda Metro Jaya.

"Peninggian separator busway tidak bisa dilakukan sekaligus, harus bertahap karena waktunya yang lama dan dana yang cukup besar," ujarnya.

Ada empat koridor busway yang akan difokuskan untuk peninggian separator busway, yakni Koridor III (Kalideres-Pasar Baru), Koridor V (Kampung Melayu-Ancol), dan Koridor VI (Ragunan-Dukuh Atas). "Tiga koridor itu diutamakan karena banyak pelanggaran," ucap Pristono.

Pristono mengatakan, peninggian separator busway ini dinilai bisa mengurangi angka pelanggaran yang berujung menurunnya angka kecelakaan. "Contohnya di luar negeri sudah ada, yaitu di Guang Zhou, China," katanya.

Lebih lanjut, Pristono menuturkan, peninggian separator busway akan dilakukan secara bertahap. Ditargetkan, peninggian separator busway menjadi 50 cm akan selesai Desember 2012.

"Berbagai upaya untuk sterilisasi busway sebenarnya sudah dilakukan dengan menempatkan aparat kepolisian dan satgas bus transjakarta. Namun, tingginya volume kendaraan membuat banyak kendaraan akhirnya nekat menerobos masuk ke busway. Alhasil, kecelakaan kerap terjadi antara bus transjakarta dan pengendara kendaraan bermotor yang masuk ke dalam jalur busway," kata Udar Pristono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com