Kompas.com - 20/07/2012, 13:20 WIB
|
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki bulan suci Ramadhan, kemacetan Ibu Kota diperkirakan tidak akan berkurang. Namun, jam kemacetan di sejumlah ruas di Jakarta akan sedikit lebih maju karena banyaknya warga yang pulang kerja lebih awal.

Hal ini diungkapkan Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Wahyono, Jumat (20/7/2012), di Mapolda Metro Jaya. "Kami memprediksi kemacetan di bulan Ramadhan akan tetap terjadi, tetapi jamnya lebih maju karena banyak warga yang pulang cepat," ujarnya.

Wahyono menjelaskan, jika pada hari-hari biasa, jam kemacetan terjadi mulai pukul 17.00 WIB. Namun, pada bulan Ramadhan ini, jam kemacetan akan maju menjadi pukul 16.00 WIB.

Kepolisian lalu lintas, lanjutnya, melihat ada tiga fenomena kegiatan masyarakat di bulan puasa ini yang akan berpengaruh pada kemacetan di jalan. "Minggu pertama, jalan-jalan akan dipadati oleh para masyarakat yang akan pulang awal. Sementara di minggu kedua justru akan dipadati para masyarakat yang menuju restoran atau tempat makan dan minggu ketiga kebanyakan kemacetan terjadi di pusat perbelanjaan," tuturnya.

Melihat majunya jam kemacetan yang terjadi, kepolisian lalu lintas juga akan menyiagakan petugasnya lebih awal di titik-titik rawan macet. "Konsekuensinya kita turunkan personel lebih awal," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Dwi Sigit Nurmantyas.

Menurutnya, selama ini sebenarnya memang sudah pembagian tugas dilapangan. Namun, dengan adanya kemajuan ini pembagian tugasnya juga kembali diubah. Dia menegaskan, saat ini sudah ada tiga shift untuk petugas berjaga dalam mengatur lalu lintas Jakarta. "Petugas akan ditempatkan di simpul-simpul baru kemacetan di bulan Ramadhan ini kalau memang ada," pungkas Sigit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.