Es Buah dari Timun Suri, Cocok untuk Pelengkap Berbuka Puasa

Kompas.com - 20/07/2012, 18:00 WIB
|
EditorHindra

JAKARTA, KOMPAS.com — Saat Ramadhan, hidangan pelengkap seperti es buah banyak diminati umat Islam yang sedang menjalani ibadah puasa. Salah satu buah yang menjadi pilihan utama masyarakat adalah timun suri. Hal ini tak lepas dari rasa timun suri yang menyegarkan.

Selama Ramadhan, timur suri mudah dijumpai di sejumlah pelosok tempat di Jakarta. Pantauan Kompas.com pada Jumat (20/7/2012), pedagang timun suri terlihat menjajakan timun suri di pinggir jalan di Kalimalang, Jatinegara, Jakarta Timur. 

Widodo (50), pedagang timun suri di Jatinegara, menuturkan, permintaan buah tersebut meningkat selama Ramadhan. Menurut dia, timun suri kerap diolah menjadi es buah. "Bisa juga di campur sama buah blewa. Kan, banyak nanti yang mencari buah-buahan segar buat buka puasa," ujar Widodo, Jumat.

Untuk harga, pria yang sudah berjualan selama 14 tahun itu mengatakan, timun suri biasa dipatok Rp 6.000 per kilogram. Adapun harga buah blewah, sambungnya, dipatok Rp 7.000 per kilogram. Menurut dia, rata-rata laba bersih yang bisa didapatnya per tahun lebih dari Rp 1 juta per minggu.

Sementara itu, tidak jauh dari tempat Widodo berjualan, Yadi (39), pedagang timun suri lainnya, dirinya memanfaatkan momentum bulan Ramadhan dengan berjualan timun suri.

"Jadi pas bulan puasa saja. Soalnya, banyak orang yang mau bikin es buah. Timun suri juga bisa dibuat rujak. Kalau untungnya, ya alhamdulillah sih, lumayan," ujar Yadi. Pada Ramadhan 2011, Yadi mengaku bisa meraup untung Rp 1 juta dalam waktu tiga hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.