Kompas.com - 21/07/2012, 06:16 WIB
|
EditorBenny N Joewono

JAKARTA, KOMPAS.com — Semakin maraknya kecelakaan oleh bus transjakarta yang mengakibatkan pada hilangnya nyawa seseorang mengundang reaksi Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Kepala Dishub DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan, pihaknya akan meninggikan separator di tiga koridor busway.

"Separator yang akan ditinggikan pada tiga koridor, yaitu koridor tiga, lima, dan enam. Koridor tiga adalah koridor Kalideres-Pasar Baru, koridor lima adalah Kampung Melayu-Ancol, sedangkan koridor enam adalah jurusan Ragunan-Dukuh Atas. Separator akan ditinggikan sampai 50 cm," kata Udar Pristono, di Jakarta, Jumat (20/7/2012).

Separator di tiga koridor tersebut ditinggikan sebagai salah satu upaya Dishub DKI Jakarta untuk meminimalisasi kecelakaan yang akhir-akhir ini kerap terjadi. "Dengan upaya ini, diharapkan mengurangi kecelakaan dan penyerobotan di jalur transjakarta. Maka dari itu, tidak akan ada celah untuk menyerobot transjakarta," kata Udar.

Namun, lanjut Udar, perbaikan separator busway tersebut akan dilakukan bertahap. "Hal ini dikarenakan membutuhkan waktu lama dan dana besar," ujarnya.

Udar menargetkan peninggian tersebut akan selesai bulan Desember 2012. "Namun, sampai saat ini saya masih belum bisa memastikan kapan program ini akan dilaksanakan," imbuh Udar.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, telah terjadi beberapa kecelakaan yang melibatkan bus transjakarta dengan para pengguna jalan lainnya. Salah satu kasus yang terbaru adalah kecelakaan yang terjadi di Jalan Hasyim Ashari, Jakarta Pusat, Rabu (18/7/2012) lalu sekitar pukul 11.30 WIB.

Bus tersebut menabrak seorang pejalan kaki yang mengakibatkan luka-luka dan segera dibawa ke Rumah Sakit Sumber Waras. Kejadian berawal ketika bus transjakarta bernomor polisi B 7485 SZ melaju dari barat ke timur dan tiba di jalan menurun flyover Roxy.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di lokasi kejadian itu, seorang pejalan kaki melintas dan tertabrak bus yang tengah melaju. Pejalan kaki ini diketahui bernama Supriadi (22), warga Jalan Kapuk RT 10 RW 12, Cengkareng, Jakarta Barat.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X