Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minimalisasi Kecelakaan, Tiga Separator "Busway" Ditinggikan

Kompas.com - 21/07/2012, 06:16 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Semakin maraknya kecelakaan oleh bus transjakarta yang mengakibatkan pada hilangnya nyawa seseorang mengundang reaksi Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Kepala Dishub DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan, pihaknya akan meninggikan separator di tiga koridor busway.

"Separator yang akan ditinggikan pada tiga koridor, yaitu koridor tiga, lima, dan enam. Koridor tiga adalah koridor Kalideres-Pasar Baru, koridor lima adalah Kampung Melayu-Ancol, sedangkan koridor enam adalah jurusan Ragunan-Dukuh Atas. Separator akan ditinggikan sampai 50 cm," kata Udar Pristono, di Jakarta, Jumat (20/7/2012).

Separator di tiga koridor tersebut ditinggikan sebagai salah satu upaya Dishub DKI Jakarta untuk meminimalisasi kecelakaan yang akhir-akhir ini kerap terjadi. "Dengan upaya ini, diharapkan mengurangi kecelakaan dan penyerobotan di jalur transjakarta. Maka dari itu, tidak akan ada celah untuk menyerobot transjakarta," kata Udar.

Namun, lanjut Udar, perbaikan separator busway tersebut akan dilakukan bertahap. "Hal ini dikarenakan membutuhkan waktu lama dan dana besar," ujarnya.

Udar menargetkan peninggian tersebut akan selesai bulan Desember 2012. "Namun, sampai saat ini saya masih belum bisa memastikan kapan program ini akan dilaksanakan," imbuh Udar.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, telah terjadi beberapa kecelakaan yang melibatkan bus transjakarta dengan para pengguna jalan lainnya. Salah satu kasus yang terbaru adalah kecelakaan yang terjadi di Jalan Hasyim Ashari, Jakarta Pusat, Rabu (18/7/2012) lalu sekitar pukul 11.30 WIB.

Bus tersebut menabrak seorang pejalan kaki yang mengakibatkan luka-luka dan segera dibawa ke Rumah Sakit Sumber Waras. Kejadian berawal ketika bus transjakarta bernomor polisi B 7485 SZ melaju dari barat ke timur dan tiba di jalan menurun flyover Roxy.

Di lokasi kejadian itu, seorang pejalan kaki melintas dan tertabrak bus yang tengah melaju. Pejalan kaki ini diketahui bernama Supriadi (22), warga Jalan Kapuk RT 10 RW 12, Cengkareng, Jakarta Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com