Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU DKI Buka Pendaftaran DPT 25-29 Juli

Kompas.com - 23/07/2012, 15:44 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta mulai membuka pendaftaran untuk warga Jakarta yang tidak tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada tanggal 25 Juli sampai dengan 29 Juli.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pemungutan dan Penghitungan Suara KPU Provinsi DKI Jakarta, Sumarno, mengatakan bahwa pihaknya akan memperbaiki DPT dengan mempersilakan warga untuk mendaftar ke kelurahan masing-masing.

"Jadi saat ini warga yang harus aktif untuk daftar. Karena sekarang kan sudah tidak ada petugas pemutakhiran yang datang ke rumah-rumah," kata Sumarno, di Kantor KPU Provinsi DKI Jakarta, Jalan Budi Kemulyaan, Jakarta, Senin (23/7/2012).

Ia mengungkapkan bahwa perbaikan DPT ini memungkinkan jumlah pemilih bertambah atau bahkan semakin berkurang. Hal ini mengingat masih banyak warga berusia 17 tahun yang belum terdaftar dan banyak juga warga yang sudah meninggal dunia.

"Untuk warga yang masuk usia 17 tahun itu batasannya sampai 11 Juli. Jadi yang berusia 17 tahun setelah 11 Juli tidak termasuk dalam perbaikan DPT," tutur Sumarno.

Selanjutnya perbaikan DPT ini akan divalidasi lagi oleh pihaknya untuk memastikan agar tidak ada lagi nama ganda dalam DPT. Kemudian DPT yang diperbaiki akan ditetapkan kembali oleh KPU Provinsi DKI Jakarta pada tanggal 4 Agustus mendatang.

"Setelah diperbaiki, akan ditetapkan kembali pada 4 Agustus," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) DKI Jakarta sudah membuka Posko Pengaduan DPT hingga hari ini. Posko ini dimaksudkan untuk mengakomodir warga Jakarta yang kehilangan hak pilihnya saat 11 Juli lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com