Kompas.com - 23/07/2012, 16:14 WIB
|
EditorRusdi Amral

BANDUNG, KOMPAS.com - Bank Indonesia menjamin pelayanan penuh kepada masyarakat yang ingin menukarkan uang selama bulan Ramadhan 2012. Selain layanan berupa penukaran uang drive thru, BI juga membuka layanan kas keliling ke berbagai daerah hingga H-2 Lebaran.

Hal tersebut diutarakan Direktur Eksekutif Bank Indonesia Jawa Barat-Banten, Lucky Fathul Azis Hadibrata, di Bandung, Senin (23/7/2012). Pada hari itu, BI Jabar-Banten meresmikan layanan penukaran uang secara drive thru di kantor mereka di Bandung.

"Kami juga mengadakan kas keliling ke berbagai daerah, terutama di pusat keramaian seperti pasar," ujar Lucky.

Jadwal kas keliling BI dimulai di Kabupaten Sumedang pada 23-24 Juli, Kabupaten Cianjur pada 25-26 Juli, Kabupaten Sukabumi pada 1-2 Agustus, Kabupaten Subang pada 6-7 Agustus, Kabupaten Garut pada 8-9 Agustus, dan Purwakarta pada 14-15 Agustus. Selain di daerah, layanan penukaran uang di kantor BI yang semula dari pukul 09.00-12.00 diperpanjang menjadi pukul 09.00-15.00.

Untuk menjamin bahwa penukaran uang bakal merata di masyarakat, BI juga menerapkan sistem penandaan dengan mencelupkan jari ke dalam tinta layaknya pemilihan kepala daerah. Secara bergantian, jari yang dicelupkan berganti seiring hari. Misalnya telunjuk di hari Senin, berganti menjadi jari tengah pada hari Selasa, dan seterusnya.

Menghadapi Ramadhan, BI menyiapkan cadangan uang sebanyak Rp 12,8 triliun sehingga masyarakat tidak perlu khawatir soal kelangkaan uang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.