Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2013, Pemprov DKI Bangun Pagar Pembatas "Busway"

Kompas.com - 23/07/2012, 20:36 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Maraknya kecelakaan bus transjakarta dengan pejalan kaki dan kendaraan lainnya membuat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun pagar pembatas. Pagar pembatas tersebut akan dibangun tahun depan, mulai kawasan Warung Buncit hingga Kuningan, Jakarta Selatan.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Kehumasan Provinsi DKI Jakarta, Sugiyanta, mengatakan, realisasi kebijakan berupa pembangunan pagar tersebut akan dimulai pada 2013 mendatang. Nantinya, kebijakan tersebut juga akan dikaji terhadap daerah-daerah lainnya, seperti di sepanjang koridor Ragunan menuju Dukuh Atas.

"Pagar pembatas itu yang akan memisahkan busway dengan jalan arteri sehingga masyarakat tidak bisa melintas langsung saat ingin menyeberang jalan," kata Sugiyanta, di Balaikota, Jakarta, Senin (23/7/2012).

Ia mengungkapkan, Dinas Perhubungan DKI Jakarta kini tengah mengkaji model dan mendata infrastruktur lainnya yang dibutuhkan untuk mendukung kebijakan ini.

"Dikaji dulu jumlah jembatan penyeberangan orang (JPO) yang harus dibangun dan perempatan mana saja perlu dibangun underpass atau flyover," ujar Sugiyanta.

Selain mengeluarkan kebijakan tersebut, upaya lain yang dilakukan adalah meningkatkan kapasitas pengemudi busway dalam melayani penumpang. Pihaknya juga akan meningkatkan koordinasi dengan Polda Metro Jaya dalam rangka sterilisasi jalur busway ini.

"Dengan melakukan berbagai upaya ini, kami harap angka kecelakaan bus transjakarta dengan pejalan kaki bisa berkurang," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com