Kompas.com - 25/07/2012, 09:03 WIB
Penulis Dimasyq Ozal
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian RI menyetujui penambahan 7.000 ton daging sapi khusus untuk keperluan industri pada tahun 2012. Ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan bahan baku industri daging olahan domestik yang mencapai 1.500 ton per bulan.

"Tapi itu untuk industri pengolahan, seperti nugget, sosis, bakso, bukan untuk konsumsi masyarakat. Yang menjadi kekurangan kita adalah kebutuhan satu jenis daging khusus yang tidak bisa disediakan oleh dalam negeri," ujar Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Syukur Iwantoro di kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa ( 24/7/2012 ).

Ia menjelaskan, industri seperti itu membutuhkan daging khusus yang kadar lemak atau tetelan yang menempel pada daging lebih sedikit dari dagingnya sendiri. Sementara, pasokan daging lokal, dinilai belum mampu menyediakan jenis daging tersebut.

"Yang dibutuhkan industri yakni jenis CL-85 dan CL-65. CL-85. Ini artinya dagingnya 85 persen, sementara lemaknya 15 persen. Begitupun juga dengan jenis CL-65," jelasnya.

Ia menyebutkan, dari hasil perhitungan yang dilakukan pihaknya, pasar domestik hanya mampu menghasilkan 100 ton per bulan, jauh dari kebutuhan industri yang mencapai 1.500 ton per bulan.

Ia menambahkan, perhitungan tersebut berdasarkan dari hasil diskusi antara pemerintah dengan para pelaku bisnis yang punya kaitannya dengan daging sapi untuk industri. "Di hari puasa ini harga daging konsumsi masih stabil sekitar Rp 78.000-Rp79.000. Kalau kita rinci jenisnya. Untuk harga daging kualitas bagus (rendah tetelan dan lemak) harganya sekitar Rp 85.000-Rp 89.000, kualitas kedua sekitar Rp 75.000-Rp 80.000. Tetelan Rp 51.000-Rp 55.000," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.