Kompas.com - 25/07/2012, 14:41 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Suku Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Jakarta Utara, Rabu (25/7/2012) dini hari menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa pasar di wilayah Jakarta Utara. Inspeksi itu dilakukan mulai 03.00 WIB hingga 07.00 WIB.

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Sudin Peternakan, Perikanan dan Kelautan Jakarta Utara, Muhammad Nasir mengatakan, operasi dilakukan berdasarkan laporan dari konsumen pasar yang meminta agar haknya dilindungi dalam mengonsumsi, terutama daging. Mengingat banyak konsumen ataupun masyarakat yang khawatir daging yang dijual di pasar-pasar tidak layak konsumsi. Memang di pasar-pasar masih saja ada oknum yang menjajakan daging, sebut saja daging sapi, kerbau, dan ayam yang bermasalah.

"Kami melakukan sidak ini, berdasarkan keluhan dari konsumen yang biasa ke pasar selama ini. Mereka khawatir barang yang dibeli terutama daging, berbahaya apabila dikonsumsi. Konsumen mengeluh, konsumen ingin barang yang bagus, yang halal yang tidak meragukan." kata Muhammad Nasir kepada Kompas.com saat ditemui di ruang kerjanya, Kantor Kota Administrasi Jakarta Utara, Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara, Rabu (25/7/2012).

Sidak dilakukan di tiga pasar di wilayah Jakarta Utara, yaitu Pasar Rawa Badak, Pasar Lontar, Koja Baru. Dalam melakukan sidak melibatkan juga Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara, petugas keamanan (Satpam) pasar setempat. Menurut Nasir, hasil sidak atau yang disebut sebagai Hasil Pengawasan dan Peredaran Daging menunjukkan tidak ditemukan beredarnya daging-daging yang bermasalah. Seperti daging berformalin, daging gelonggongan, atau daging kadaluarsa.

"Kebetulan kami tidak menemukan daging-daging yang bermasalah. Semisal, daging gelonggongan, daging berformalin ataupun daging yang sudah kadaluwarsa," tutur Nasir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.