Kompas.com - 26/07/2012, 14:28 WIB
Penulis Dedi Muhtadi
|
EditorRusdi Amral

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk mencegah kebakaran pada musim kering ini, pendakian Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango, Jawa Barat, ditutup untuk umum pada 1-31 Agustus 2012. Penutupan sementara ini juga dimaksudkan untuk memulihkan kondisi ekosistem kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango.

"Penutupan pendakian dilaksanakan pada bulan Agustus karena merupakan bulan terkering dalam beberapa tahun terakhir ini," kata Kepala Pusat Humas Kementerian Kehutanan Sumarto, Kamis (26/72012). Karena itu, pada bulan kering ini perlu diwaspadai kemungkinan terjadi kebakaran hutan dengan mengambil langkah antisipatif dalam pengendalian kebakaran.

Prakiraan intensitas curah hujan rendah di sebagian besar wilayah di Jawa Barat antara lain di Cianjur dan Sukabumi yang berkisar 21-50 mm serta Bogor 51-100 mm. Ini sesuai dengan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Klimatologi Darmaga Bogor.

Di Bandung, pemerhati lingkungan dari Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS), Supardiono Sobirin, menyatakan, kawasan hutan konservasi dan hutan lindung di Gunung Salak dan Gede-Pangrango harus benar-benar dijaga. Pasalnya, jika kawasan ini terganggu, itu akan berdampak pada semakin besarnya banjir kiriman ke Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.