Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendakian Gunung Gede-Pangrango Ditutup 1-31 Agustus 2012

Kompas.com - 26/07/2012, 14:28 WIB
Dedi Muhtadi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk mencegah kebakaran pada musim kering ini, pendakian Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango, Jawa Barat, ditutup untuk umum pada 1-31 Agustus 2012. Penutupan sementara ini juga dimaksudkan untuk memulihkan kondisi ekosistem kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango.

"Penutupan pendakian dilaksanakan pada bulan Agustus karena merupakan bulan terkering dalam beberapa tahun terakhir ini," kata Kepala Pusat Humas Kementerian Kehutanan Sumarto, Kamis (26/72012). Karena itu, pada bulan kering ini perlu diwaspadai kemungkinan terjadi kebakaran hutan dengan mengambil langkah antisipatif dalam pengendalian kebakaran.

Prakiraan intensitas curah hujan rendah di sebagian besar wilayah di Jawa Barat antara lain di Cianjur dan Sukabumi yang berkisar 21-50 mm serta Bogor 51-100 mm. Ini sesuai dengan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Klimatologi Darmaga Bogor.

Di Bandung, pemerhati lingkungan dari Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS), Supardiono Sobirin, menyatakan, kawasan hutan konservasi dan hutan lindung di Gunung Salak dan Gede-Pangrango harus benar-benar dijaga. Pasalnya, jika kawasan ini terganggu, itu akan berdampak pada semakin besarnya banjir kiriman ke Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com