Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FPI Tak "Sweeping" jika Kinerja Polri Baik

Kompas.com - 26/07/2012, 16:53 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Organisasi masyarakat Front Pembela Islam (FPI) berjanji tidak akan melakukan sweeping selama bulan Ramadhan ini jika Kepolisian Republik Indonesia dan Satpol PP telah bekerja dengan baik. Sweeping menurut FPI justru untuk membantu kinerja Polri.

"Kita enggak ada sweeping selagi Polri dan Satpol PP kerjanya rapi," ujar Ketua FPI Jakarta, Salim Alatas atau Habib Selon, di Mabes Polri, Kamis (26/7/2012).

Diketahui, sebelumnya Polri telah melarang kelompok masyarakat melakukan sweeping. Organisasi masyarakat (ormas) diminta untuk tidak melakukan upaya paksa, memberhentikan kegiatan, memeriksa suatu identitas karena hal tersebut dianggap sebagai tindakan main hakim sendiri.

Namun, Habib Selon tidak bisa menjamin selama bulan Ramadhan ini FPI tak akan lakukan sweeping. Meskipun demikian dirinya mengakui bahwa sweeping bukan tugas FPI. Tugas FPI hanya memberikan informasi atau melaporkannya kepada pihak yang berwenang. Menurutnya banyak laporan masyarakat kepada FPI yang harus segera ditindaklanjuti.

"Kita lihat nanti setelah hasil investigasi hasil daripada monitoring kita di lapangan. Selama ini, kan ada masukan, seperti ada SMS dari masyarakat. Ini juga kita sesalkan, kenapa masyarakat kok lapor ke kita, bukan ke polisi?" ujarnya.

Habib Selon pun mengatakan, FPI siap membubarkan diri jika pemerintah dapat menyelesaikan persoalan seperti masih adanya tempat maksiat.

"Kalau pemerintah udah rapi, enggak ada gangguan tempat ibadah, enggak ada tempat maksiat, sudah tenang FPI. Enggak usah dibubarin juga bubar sendiri," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com