Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Umroh, Jokowi Belum Komentar

Kompas.com - 27/07/2012, 15:46 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkait kebakaran gudang mebel milik keluarganya, Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi belum bisa memberikan keterangan lantaran tengah menjalankan ibadah umroh di Tanah Suci bersama keluarga. Orang dekat Jokowi, Budi Purnomo, mengatakan bahwa bisnis mebel tersebut sudah lama tidak ditangani lagi oleh Jokowi. Sehingga secara operasional, sosok sederhana yang sedang berlaga dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta ini sudah tidak mengetahui lagi.

"Sejak menjabat Wali Kota, Pak Jokowi sudah tidak menangani bisnis lagi dan menyerahkan urusan bisnis kepada keluarganya," kata Budi, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (27/7/2012).

Hingga saat ini, pihak Polsek Kartasura masih terus menelusuri penyebab dari kebakaran yang menghanguskan gudang mebel Rakabumi milik keluarga ibu Jokowi yang berada di kompleks Perkampungan Industri Kecil (PIK) Pabelan, Jalan Raya Kartasura-Solo, Kartasura.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, munculnya api tidak diketahui karena tiba-tiba keluar asap tebal dan api dengan cepat menyambar karena bahan yang terbakar adalah kayu. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 12.00 WIB ketika karyawan istirahat dan sebagian sedang melayat keluarga karyawan yang meninggal. Akibat kejadian ini, sejumlah mebel yang sudah dikemas dan siap diekspor ke Spanyol, Perancis, dan Taiwan bulan depan ikut terbakar. Kerugian yang diderita oleh gudang mebel ini ditaksir mencapai sekitar Rp 300 juta sampai Rp 400 juta.

Melalui akun Facebooknya, Jokowi mengungkapkan yang dirasakan mengenai peristiwa ini. Berikut kutipannya : "Pasti ada hikmah di balik setiap musibah. Yang terpenting adalah jangan sampai berhenti untuk melangkah. Kita jadikan musibah sebagai pelajaran berharga untuk lebih berhati-hati dalam menata langkah."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com