Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terjebak di WC Umum, Bocah Perempuan Hangus Terbakar

Kompas.com - 28/07/2012, 22:46 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lantaran bingung mencari perlindungan, bocah perempuan ini tewas dalam kebakaran yang menghanguskan 125 rumah di Pekojan, Tambora sore tadi. Jasad Andin Lestari (4) terjebak di dalam WC Umum saat ditemukan warga.

Menurut pengakuan Paman Andin, Amhari (32), saat api mulai berkobar dari rumah tetangga, Andin sudah berlari keluar rumah. Namun karena sang ibu memutuskan kembali masuk ke rumah untuk mengambil surat-surat penting, Andin pun memilih ikut.

"Dia udah keluar. Tapi orang kan rame banget itu. Pas ibunya mau masuk ke rumah lagi, dia ikut terus kelepas," kata Amhari, di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, Sabtu (28/7/2012).

Putri bungsu pasangan Nurdin (41) dan Ani (30) ini sebenarnya sempat dititipkan sesaat sebelum ibunya kembali masuk ke rumah. Namun dalam kondisi panik, bocah ini lebih memilih mengikuti ibunya dan malah terjebak di dalam WC Umum.

"Pas kelepas itu, mungkin dia bingung. Jadi terus sembunyi di WC Umum yang ada di dekat rumahnya," ungkap Amhari.

Setelah api mulai padam, pihak keluarga baru menyadari bahwa Andin hilang. Kemudian ada warga yang melihat anak perempuan kecil lari masuk WC Umum saat semua orang tengah menyelamatkan diri.

"Ya udah akhirnya kami cek ke WC Umum. Eh, bener ada di situ. Pertama dikira boneka ma petugas. Sekitar jam 5 tadi ditemuin," jelas Amhari.

Hingga saat ini, Nurdin yang bekerja sebagai tukang jok sepeda belum kembali lagi ke RSCM untuk mengambil jasad putrinya. "Tadi udah ke sini nyerahin Andin. Terusannya balik lagi ke rumah," tutur Amhari.

Rencananya, jasad Andin akan dimakamkan di Rangkas Bitung yang merupakan asal dari ibu Andin. Bocah perempuan yang belum bersekolah ini diketahui bersaudara dengan korban lain dalam kebakaran yaitu Rama (3).

"Iya dua-duanya itu keponakan saya. Tapi memang beda rumah tinggalnya. Rumah Rama ada di depan rumah Andin," pungkasnya.

Seperti diketahui, kebakaran melanda kawasan Pekojan, Tambora sore tadi. Penyebab kebakaran diduga karena ada hubungan arus pendek. Sebanyak 44 unit mobil pemadam kebakaran diturunkan untuk memadamkan api yang menjalar cepat di pemukiman padat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com