Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Pekojan Diduga Berasal dari Lilin

Kompas.com - 29/07/2012, 00:39 WIB
Ali Sobri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebakaran yang melanda 125 rumah di Kampung Janis, Kelurahan Pekojan, Tambora, Jakarta Barat, Sabtu (28/7/2012) diduga berasal dari api lilin di salah satu rumah warga.

Dugaan tersebut berasal dari beberapa warga yang mengatakan ada salah satu rumah yang kehabisan pulsa listrik, kemudian menyalakan lilin sebagai penerang.

"Slentingan warga memang ada yang mengatakan demikian, tetapi identifikasi Polri masih menduga kalau kebakaran disebabkan arus pendek listrik," kata Lurah Pekojan Agus Yusuf kepada Kompas.com di lokasi penampungan, Sabtu malam.

Ia juga mengatakan kalau sumber bencana tersebut berawal dari rumah warganya yang bernama Rosyid. "Pusat apinya dari rumah Rosyid di RT 08 RW 07," ucapnya lagi sambil menyebutkan kalau kebakaran di lingkungan Kampung Janis sudah terjadi dua kali selama 2012.

"Sebelumnya 5 bulan yang lalu juga kebakaran karena arus pendek, korsleting listrik pada 16 Februari lalu, tepatnya," jelas Agus.

Diberitakan sebelumnya, terjadi kebakaran di Kampung Janis Kelurahan Pekojan, Tambora, Jakarta Barat pada pukul 13.15 WIB. Kebakaran tersebut menewaskan dua orang bocah, dan menghanguskan ratusan rumah wearga.

Kini petugas sudah melakukan pendinginan terhadap rumah-rumah yang terbakar, dan sebagian warga sudah tinggal di posko penampungan sementara yang tersebar di Kantor Kelurahan Pekojan, Mushola, sekolah, dan tenda di pinggir rel kereta. Ada juga yang masih terlantar di bawah jembatan layang Angke Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com