Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Cagub "Tebar" Posko di Lokasi Kebakaran

Kompas.com - 29/07/2012, 13:56 WIB
Vitalis Yogi Trisna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Posko peduli bencana kebakaran mulai bertebaran di sekitar lokasi kebakaran di Kampung Janis, Pekojan, Jakarta Barat, Minggu (28/7/2012). Salah satu yang menarik perhatian adalah posko milik calon-calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang akan bertarung di putaran kedua Pilkada DKI, Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dan Joko Widodo-BasukI T Purnama.

"Dari semalam kita sudah mendirikan tenda. Pada sahur tadi kami membagikan 1.000 paket ayam cepat saji kepada warga," ujar Syarief Irawan, Pimpinan Ranting Partai Demokrat Pekojan ketika ditemui di tenda Posko Peduli Bencana Kebakaran Forum Bersama Jakarta (FBJ) Tambora.

Selain makanan sahur, untuk berbuka sore nanti, Syarief mengungkapkan, timnya akan membagikan 1.000 paket makanan cepat saji khas Jepang.

Berbeda dengan "Posko Foke-Nara", posko yang didirikan tim Jokowi-Ahok memilih  membagikan makanan padang sebagai menu sahur tadi.

"Tadi kita beri bantuan kepada warga berupa makanan padang dan kolak," ujar Johan, Ketua Ranting PDI Perjuangan Pekojan.

Menurut Johan, untuk menu nanti sore, akan dilihat lagi dari besarnya dana kolektif yang berhasil dikumpulkan.

"Sekarang kita masih mengumpulkan secara kolektif dari anggota maupun warga. Jadi, berapa yang terkumpul, baru akan kita distribusikan kepada warga," tambahnya.

Selain posko milik para calon gubernur, terdapat pula posko milik Koramil 02 Tambora, Karang Taruna, dan sejumlah organisasi. Kebanyakan dari mereka menyiapkan bantuan berupa air mineral, mi instan, dan pakaian layak pakai.

Seperti diberitakan, kebakaran hebat melanda Pekojan serta menghanguskan 175 rumah di lima RT dan memakan dua korban jiwa. Api berkobar sejak pukul 13.15 dan baru bisa dipadamkan pukul 16.30, Sabtu (18/7/2012).

Sudin Pemadam Kebakaran Jakarta Barat menurunkan 44 mobil pemadam kebakaran. Sementara, masih di Jakarta Barat, kebakaran juga terjadi di Gang Burung, Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Tamansari. Sebanyak 21 mobil pemadam kebakaran dikerahkan. Tak ada korban jiwa dalam kebakaran di Tamansari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com