Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Datangi Lokasi Kebakaran, Foke Diminta Sediakan Pakaian Dalam

Kompas.com - 29/07/2012, 18:39 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mendatangi lokasi kebakaran di kawasan Pekojan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, Minggu (29/7/2012) sore. Foke tiba di lokasi sekitar pukul 16.15 WIB. Kunjungan Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, dimulai dengan mengunjungi sebagian korban kebakaran yang mengungsi di bawah kolong jembatan layang Jembatan Hitam.

Setelah itu, Foke menyeberang ke areal kebakaran melalui sebuah jembatan. Di lokasi kebakaran, tepatnya di RW 07, Foke sempat menyampaikan rasa dukanya kepada para korban. Di tengah-tengah puing reruntuhan rumah, sebagian warga yang masih ada di situ sempat menyapa Foke.

Mantan Wakil Gubernur di era Gubernur Sutiyoso itu lalu memasuki tempat pengungsian lain yang terletak di sebuah masjid yang masih dalam tahap pembangunan. Masjid itu terletak di tengah-tengah kompleks pemukiman yang luluh lantak diterjang si jago merah.

Di dalam masjid, terdapat sekitar 100 orang pengungsi. Di sana, Foke kembali berdialog dengan warga. "Saya minta anda sekalian tabah, jangan terpancing emosi. Saya juga paham apa yang diperlukan, kalau ada yang butuh obat ada dokter di sini, juga disiapkan bantuan air bersih, air minum dan WC umum," ucap Foke.

Di tengah-tengah perkataan sang Gubernur, beberapa ibu juga sempat menuturkan keperluannya akan pakaian dalam. Pasalnya, semua pakaian mereka sudah hangus dilalap api. Menanggapi hal ini, Foke menyatakan kesanggupannya. "Saya juga paham ibu-ibu perlu pakaian dalam. Kami juga sediakan mukena, baju sekolah dan sajadah. Sekali lagi saya minta supaya bersabar dan kita paham ini adalah musibah. Tidak ada juga maksud pemerintah untuk tidak mensejahterakan rakyat," kata Foke.

Sebanyak 1.350 jiwa saat ini terpaksa mengungsi di tiga lokasi pengungsian di sekitar Jalan Jembatan Hitam, Pekojan akibat kebakaran hebat yang melanda kawasan pemukiman padat penduduk itu pada Sabtu siang kemarin. Bantuan-bantuan sudah mulai berdatangan dari instansi pemerintahan, Palang Merah Indonesia (PMI), hingga tim bantuan pasangan calon Gubernur Jokowi-Ahok maupun Foke-Nara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com