Kompas.com - 30/07/2012, 21:49 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta memperpanjang waktu pendaftaran bagi warga Jakarta yang belum tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT). Pendaftaran tetap dibuka untuk warga Jakarta hingga 4 Agustus.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pendataan Pemilih KPU Provinsi DKI Jakarta, Aminullah, mengatakan, warga masih diberi kesempatan untuk mendaftar di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 30-31 Juli. Kemudian di KPU tingkat Kotamadya dari 1-3 Agustus dan KPU Provinsi DKI pada 4 Agustus.

"Hari tersebut adalah hari terakhir karena selanjutnya kami akan mencetak surat suara," kata Aminullah, di Jakarta, Senin (30/7/2012).

Meski pendaftaran susulan ini tidak lagi di kelurahan, syarat yang harus dilengkapi oleh warga tetap sama. Adapun syarat yang mesti disertakan adalah fotokopi KTP atau KK serta surat pengantar dari RT dan RW untuk membuktikan bahwa yang bersangkutan masih tinggal di kawasan tersebut. Pendaftaran penambahan DPT ini memang dilakukan secara bertahap. Dalam hal ini, KPU Kotamadya dan Kabupaten yang akan melakukan validasi data agar tidak terjadi kegandaan data DPT.

"Jadi kalau terjadi data ganda, KPU Kotamadya akan perbaiki datanya. Misalnya ada warga yang mendaftar di Cipete Utara, Jakarta Selatan, namun namanya dengan NIK yang sama ada di Cilandak Barat, maka data nama warga tersebut tinggal dipindahkan saja ke Cipete Utara," jelas Aminullah.

Jika validasi di tingkat kota rampung, selanjutnya akan diserahkan kepada KPU Provinsi DKI Jakarta untuk kemudian ditetapkan sebagai DPT resmi putaran kedua Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2012. "DPT itu ditetapkan dalam rapat pleno yang akan dihadiri Panwaslu DKI dan kedua tim sukses dari pasangan calon yang lolos ke dalam putaran kedua," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.