Kompas.com - 31/07/2012, 00:07 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorAsep Candra

JAKARTA, KOMPAS.com — Terkait isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) yang kencang menerpa dirinya, calon gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan bahwa kesantunan tetap harus dijalankan saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta ini. Untuk itu, ia meminta kepada siapa pun agar tidak memainkan isu SARA yang dapat memicu konflik.

"Memperdaya warga Jakarta dengan isu SARA dan black campaign tidak mendidik. Nanti warga Jakarta sendiri yang akan memberikan penilaian," kata Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Senin (30/7/2012).

Ia mengaku prihatin dengan kampanye jahat tersebut. Kendati demikian, ia menyerahkan semua persoalan tersebut kepada warga Jakarta. Mengingat keputusan apa pun dalam pilkada ini memang bermuara pada warga Jakarta. "Warga Jakarta itu pinter-pinter masyarakatnya juga cerdas, dan rasional. Terserah warga Jakarta menilainya bagaimana," ujar Jokowi.

"Saya sudah biasa menerima isu-isu seperti itu, bahkan sejak empat bulan lalu saya suda menerima isu-isu seperti itu," imbuhnya.

Menurutnya, dalam ajang pilkada ini semestinya para calon saling beradu program, beradu visi dan mengedepankan solusi. Bukan malah menyebarkan isu-isu SARA dan kampanye hitam yang menabrak azas-azas kesantunan.

"Bukan malah memperdaya warga Jakarta dengan isu-isu tersebut," tegasnya. Untuk putaran kedua ini, ia mengungkapkan bahwa pihaknya tidak mempersiapkan sesuatu. "Saya mengalir saja, apanya yang harus dipersiapkan? Yang penting kita siap saja," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.