Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Narkoba, BNN Cukur Para Masinis KA

Kompas.com - 31/07/2012, 12:56 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA KOMPAS.com - Tes Narkoba terhadap 100 orang masinis dan asisten masinis, dilakukan dengan mengambil sampel rabut. Hal ini berbeda dengan pengambilan sampel pada umumnya yang menggunakan urine. Kegiatan ini dalam rangka kesiapan angkutan mudik menjelang hari raya Idul Fitri 1433 H.

Kepala Bagian Humas Badan Narkotika Nasional (BNN), Sumirat Dwiyanto, mengatakan, baik tes urine ataupun dengan pengambilan sampel rambut, sebenarnya keduanya sama efektifnya. "Jadi kami melaksanakan deteksi dini, dengan mengambil sampel lima untai rambut. Ini untuk mengetahui penggunaan dalam waktu yang lama. Jadi tidak ada bedanya dengan tes urine, ini sama efektifnya," ujar Sumirat kepada wartawan, Selasa (31/7/2012).

Dalam pemeriksaan, kata Sumirat, rambut kemudian akan dibersihkan, dan kemudian dicuci untuk menghilangkan zat kimia pada rambut seperti dari minyak rambut dan sebagainya. Setelah dibersihkan dari zat-zat kimia yang ada pada rambut, kemudian rambut dibakar. Lalu abunya diperiksa pakai gas cromatografi spektro foto meter (gas chromatography coupled to tandem mass spectrometry) atau alat untuk memeriksakan abu. "Jadi ketahuan tingkatan pemakaian," kata Sumirat.

Senior Manager Humas PT KAI Daerah Operasi I (Daop 1) Jakarta, Mateta Rizalulhaq mengatakan, semua pegawai dan masinis akan diperiksa. Karena Jakarta merupakan tempat awal keberangkatan (mudik). "Jadi saat ini di sini (Jatinegara) ada 100 orang. Di Tanah Abang juga 100. Tapi nanti secara berlanjut akan dilakukan pemeriksaan terhadap lainnya. Karena total jumlah masinis yang akan di periksa ada 296 orang dan asisten masinis 150 orang," ujar Mateta.

Seperti diberitakan sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia, hari Selasa ini memeriksakan kesehatan dan tes narkoba kepada sekitar 100 masinis dan asisten masinis Daop 1. Kegiatan tersebut dalam rangka kesiapan angkutan mudik menjelang hari raya Idul Fitri 1433 H. Dalam kegiatan ini PT KAI bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN). Adapun total masinis yang akan diperiksa secara keseluruhan, untuk Daop 1 sebanyak 296 masinis dan 150 asisten masinis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com