Kompas.com - 31/07/2012, 22:50 WIB
|
EditorRusdi Amral

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com — Tim gabungan dari Pemerintah Kota Tangerang melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Jombang, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa (31/7/2012). Tim gabungan itu terdiri dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Banten, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Tangsel, Dinas Kesehatan (Dinkes) Tangsel, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Tangsel.

Dalam sidak itu, petugas menemukan adanya dugaan bahwa dalam produk tersebut mengandung bahan pengawet, seperti boraks dan formalin. Misalnya, tahu cina, cincau hitam, pacar cina, kolang-kaling, dawet hijau, rumput laut, dan tahu bulat.

Kepala Dinas Perindustian dan Perdagangan Kota Tangerang Mahmud mengatakan, dari 34 sampel makanan yang dicurigai, 12 di antaranya positif mengandung bahan berbahaya tersebut. "Setelah penangkapan ini, pedagang yang terbukti menjual bahan makanan mengandung borak dan formalin akan dilakukan pembinaan," kata Mahmud. Namun bila sampai tiga kali melakukan hal yang sama, pedagang akan disanksi tegas," ujarnya.

Didin (35), salah seorang pedagang tahu cina di Pasar Jombang, mengaku bahwa dirinya tidak tahu-menahu adanya bahan pengawet. "Kalau saya tahu makanan itu mengandung bahan berbahaya tersebut saya enggak akan menjualnya," kata Didin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.