Kompas.com - 01/08/2012, 15:38 WIB
Penulis Joe Leribun
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Metro Jakarta Selatan menetapkan tujuh orang sebagai tersangka pelaku penganiayaan beberapa siswa baru di SMA Don Bosco, Pondok Indah, Jakarta Selatan. Keputsan tersebut ditetapkan setelah melakukan gelar perkara, kesaksian korban dikonfrontasi keterangan saksi. Ketujuh tersangka pelaku merupakan siswa SMA Don Bosco.

Menurut keterangan para tersangka kepada pihak kepolisian, mereka melakukan penganiayaan karena status mereka sebagai siswa senior. Para tersangka juga merasa tindakannya terhadap beberapa juniornya tersebut masih wajar.

"Motivasinya, mereka merasa sebagai senior sehingga menurut para tersangka pelaku, tindakan mereka terhadap beberapa siswa junior tersebut masih wajar," ungkap Kasat Reskrim Polrestro Jakarta Selatan AKBP Hermawan saat ditemui di Polrestro Jakarta Selatan, Rabu (1/8/2012).

Namun, menurut Hermawan, tindakan ketujuh tersangka pelaku bullying di SMA Don Bosco merupakan sebuah bentuk kekerasan. "Berdasarkan hukum, tindakan mereka termasuk kekerasan", ungkapnya.

Para pelaku menganiaya korban dengan menampar, mengancam dengan menggunakan pisau, menendang korban, menyuruh korban mengangkat batu, memaksa menenggak minuman keras, dan menyundut api rokok pada tengkuk korban.

"Pelaku penganiaayaan mayoritas kelas tiga. Perannya ada yang nampar korban, diancam pakai pisau, ditendang pakai dengkul, dan disuruh ngangkat batu yang berat, disundut rokok, dan disuruh minum-minuman keras", ungkap Hermawan.

Atas perbuatannya, mereka dijerat Pasal 170 KUHP dan tentang pengeroyokan dan Pasal 80 Undang-undang Perlindungan Anak dengan hukuman minimal tiga tahun penjara. Hingga saat ini pihak kepolisian tidak menahan ketujuh tersangka dengan alasan masih di bawah umur. Namun para tersangka wajib melapor ke Polrestro Jakarta Selatan setiap Senin dan Kamis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.