Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbankan dan BI Siaga Dana Tunai

Kompas.com - 02/08/2012, 12:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama Ramadan dan menjelang Lebaran, kebutuhan dana tunai pasti meningkat. Namun tidak perlu khawatir, karena perbankan siap mengamankan persediaan uang tunai mereka, baik pada ATM maupun di gerai. Peningkatan kebutuhan uang tunai terbesar diperkirakan terjadi pada pekan ketiga dan keempat bulan Ramadan.

Suwoko Singoastro, Direktur Operasional dan Teknologi Informasi Bank BNI, mengatakan, pada masa itu masyarakat biasanya mencairkan dana tunjangan hari raya (THR) serta berbelanja persiapan Lebaran.

Bank pelat merah ini telah menyiapkan dana sebesar Rp 24 triliun untuk 7.164 ATM dan 1.533 outlet BNI. Untuk menjaga dan memastikan ketersediaan uang tunai, ATM BNI akan dipasok melalui 23 ATM Regional Center, 34 perusahaan mitra dan kantor pengelola.

Sementara Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga akan menyiapkan dana tunai sebesar Rp 22,9 triliun yang disebar ke 10.623 ATM. Dana ini lebih tinggi 62,44 persen dibandingkan perayaan tahun lalu. "Layanan yang buka selama libur Lebaran yaitu layanan Pertamina, layanan ASDP, layanan cash pickup Angkasa Pura I dan II, layanan SSDP, layanan imigrasi untuk visa on arrival (voa)," papar Sekretaris Perusahaan BRI, Muhamad Ali.

Bank BUMN lain, Bank Mandiri juga telah menyiapkan dana tunai sebesar Rp 25 triliun. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan tahun lalu yang hanya Rp 22 triliun. Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini bilang, uang tunai tersebut akan disebar di sekitar 10.000 ATM Bank Mandiri di seluruh Indonesia. "Bukan hanya ada penambahan jumlah ATM, tapi kebutuhan nasabah juga diproyeksikan bertambah menjelang hari raya," kata Zulkifli.

Untuk penyebaran, Bank Mandiri akan berkonsentrasi di wilayah Jakarta dan kota-kota besar lain. Sebab kebanyakan nasabah Bank Mandiri menarik dana di Jakarta kemudian dibawa pulang ke kampung halaman mereka.

Bank swasta nasional tak mau kalah. Bank Central Asia Tbk (BCA) misalnya, menyiapkan dana tunai sebesar Rp 47 triliun untuk kebutuhan menjelang Hari Raya tahun ini. Dari jumlah itu, sebanyak Rp 21 triliun di antaranya akan disebar di seluruh ATM Jakarta Bogor Depok Tangerang (Jabodetabek).

Sedangkan Rp 26 triliun bakal mengalir di ATM di luar wilayah Jabodetabek. "Pasokan dana tunai di ATM ini meningkat sekitar 10% dibandingkan Ramadan dan Idul Fitri tahun lalu," terang Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA ketika ditemui KONTAN, kemarin.

Jahja menjelaskan, pasokan dana tunai tersebut disebar sepekan menjelang Idul Fitri, yang jatuh di akhir pekan ketiga Agustus 2012. Menurut dia, pemilihan waktu ini tepat mengacu pengalaman tahun-tahun sebelumnya. (Nina Dwiantika, Christine Novita Nababan/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com