Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Protes PHK Sepihak, Buruh Demo di Sudirman

Kompas.com - 02/08/2012, 13:35 WIB
Joe Leribun

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar 300 buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) berunjuk rasa di Jalan Sudirman, depan Gedung Summitmas I, Kamis, (2/8/2012). Unjuk rasa dimulai sekitar pukul 10.30 WIB. Aksi solidaritas para pekerja ini menolak pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak terhadap 175 karyawan PT Audio Sumitomo Techno Indonesia (ASTI) Semarang, termasuk enam pengurus FSPMI Semarang.

Para demonstran juga mendesak agar status pekerja kontrak (PKWT) yang dinilai melanggar aturan tenaga kerja menjadi pekerja tetap (PKWT). Para pekerja juga menilai PT ASTI Semarang melanggar hak pekerja untuk berserikat dan berunding bersama, karena itu para pekerja meminta agar Perjanjian Kerja Bersama (PKB) harus segera disepakati.

"Kami menuntut agar disepakati semua pasal PKB yang belum disepakati. Jangan ada intimidasi dan PHK sepihak terhadap pekerja yang tergabung dalm serikat pekerja di PT ASTI Semarang. Kami juga meminta agar semua karyawan kontrak yang sudah kerja diatas enam bulan menjadi karyawan tetap," kata M Jamsari, pengurus FSPMI Pusat.

Para buruh rencananya akan melanjutkan demonstrasinya ke Kedutaan Besar Jepang. Hingga saat ini unjuk rasa berlangsung aman, nampak beberapa aparat keamanan mengawali unjuk rasa. Akibat unjuk rasa ini lalu lintas di Jalan Sudirman, arah Duku Atas menuju Blok M tersendat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com