Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Tetap Berharap Tersangka "Bullying" Tidak Ditahan

Kompas.com - 03/08/2012, 13:16 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - SMA Don Bosco berharap pihak kepolisian tidak menerapkan penahanan atas para tersangka pelaku bullying. Usia mereka yang tergolong anak-anak menjadi alasan utama. "Kami masih berharap ada pertimbangan bahwa mereka anak-anak," kata Gerardus Gantur, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Don Bosco Pondok Indah saat ditemui Kompas.com di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Jumat (3/8/2012).

Selain usia, pihak sekolah juga mempertimbangkan proses pendidikan para siswa yang terhambat akibat penahanan tersebut. Dengan ditetapkan sebagai tersangka, para siswa saat ini diliburkan. "Mereka kami liburkan sementara," ujar Gerardus.

Ia menjelaskan, upaya penyelesaian kasus di luar jalur hukum tetap diperjuangkan. Pihak sekolah masih mengupayakan mediasi antara pihak korban dan tersangka untuk menempuh jalan damai dalam penyelesaian kasus ini.

"Kami tetap berdiri sebagai pihak ketiga yang upayakan perdamaian," sambung Gerardus.

Cara lain yang diambil pihak sekolah adalah membangun komunikasi yang berkelanjutan dengan lembaga-lembaga advokasi penanganan anak. Dua lembaga yang siap memberi bantuan adalah Komnas Perempuan dan Anak serta Komisi Pemberdayaan Anak dan Ibu (KPAI). "Pasti kami tetap berkomunikasi. Komunikasi masih jalan sampai sekarang," kata Gerardus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com