Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Jokowi-Ahok: Ada Baiknya Rhoma Irama Klarifikasi

Kompas.com - 03/08/2012, 15:06 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim sukses Jokowi-Ahok, Denny Iskandar menyatakan pihaknya tidak akan menuntut permintaan maaf dari pedangdut Rhoma Irama terkait ceramahnya menyinggung masalah Suku, Agama, Ras dan Antar golongan (SARA). Meski begitu, ada baiknya tim kampanye Foke-Nara itu memberikan klarifikasi kepada jamaah tempat dia ceramah saat itu.

Denny mengatakan, sebagai warga Jakarta pihaknya memaafkan hal tersebut. Ia memaklumi meski yang bersangkutan merupakan ulama dan pemuka agama yang tersohor, bukan tidak mungkin melakukan kesalahan saat sedang berceramah.

"Kami tidak menuntut apapun. Kami menghormati beliau sebagai tokoh, ulama dan pemuka agama di Ibu Kota ini," kata Denny di Kantor Panwaslu DKI Jakarta, Jalan Suryopranoto, Jumat (3/8/2012).

Namun mengingat ceramah tersebut berpotensi memicu disintegrasi bangsa, maka ada baiknya jika ayah dari pedangdut Ridho Rhoma ini meminta maaf dan melakukan klarifikasi pada jamaah Masjid Al Isra, Tanjung Duren, Jakarta.

"Jika memang berniat memperbaiki, maka cukup meminta maaf pada jamaah Masjid Al Isra saja," ujar Denny.

"Cukup klarifikasi saja pada jamaah yang telah coba disesatkan saat beliau berceramah," imbuhnya.

Seperti diketahui, saat ibadah tarawih di Masjid Al Isra, Tanjung Duren, Jakarta pada Minggu (29/7/2012) lalu, Rhoma Irama sempat berceramah yang isinya menjatuhkan calon pasangan lain dengan membawa suku dan agama calon tersebut. Bahkan ia juga menebar ketakutan pada jamaah masjid jika memilih pemimpin yang tidak seiman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com