Kompas.com - 03/08/2012, 16:21 WIB
Penulis Imanuel More
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Psikolog Anak Seto Mulyadi mengakui tindakan bullying terjadi pada celah yang terjadi di antara ruang pengawasan sekolah dan orangtua. Hal yang sama terjadi dalam kasus bullying yang dialami beberapa siswa baru SMA Don Bosco Pondok Indah, Jakarta Selatan.

"Karena terjadi di antara celah pengawasan itu makanya penting untuk membangun komunikasi. Orangtua dan guru harus bisa lebih dekat, akrab dengan anak-anak agar mereka dibiasakan mengomunikasikan segala sesuatu secara terbuka," kata Seto Mulyadi seusai membesuk tujuh tersangka pelaku bullying di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Jumat (3/8/2012).

Sebagaimana diketahui, tindak kekerasan yang dilakukan sejumlah senior terhadap yunior mereka di SMA Don Bosco terjadi seusai jam sekolah. Saat itu para siswa sudah lepas dari pengawasan sekolah, namun belum sepenuhnya dalam pengawasan orangtua. Pengawasan atas celah di antara kedua ruang pengawasan itu, menurut pria yang akrab disapa Kak Seto itu, hanya bisa dilakukan seandainya terjalin komunikasi yang baik antara anak dan orangtua, antara anak dan guru.

"Jadi, yang terpenting adalah komunikasi antara guru dan siswa, antara orangtua dan anak-anak. Kalau sudah hubungan terjalin akrab, jika ada hal-hal yang mengganjal, pasti akan dikomunikasikan secara terbuka," ujar Kak Seto.

Sehubungan dengan tujuh remaja yang menjadi tersangka kasus bullying, ia menerangkan kondisi mental mereka cukup jatuh. Ia meyakini penahanan yang dikenakan pihak kepolisian akan memberikan efek jera kepada mereka. "Penahanan sudah memberikan efek jera. Tapi yang terpenting mereka sadar itu salah, mengaku salah dan berani berubah," kata Kak Seto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.