Kompas.com - 03/08/2012, 18:16 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran Daftar Pemilih Tetap (DPT) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta Barat mengalami lonjakan pendaftar menjelang pemilihan gubernur gelombang kedua. Etnis Tiong Hoa mendominasi pendaftaran DPT di wilayah tersebut.

"Dari 13.211 pendaftar baru, sekitar 10 ribuan yang berasal dari etnis Tiong Hoa," ungkap Junaidi, Ketua Pokja Pemutakhiran Data Pemilih Kota Jakarta Barat, Jumat (3/8/2012) sore.

Junaidi mengatakan, dominasi ini terjadi karena pengerucutan calon gubernur menjadi dua untuk menduduki DKI 1. Pengerucutan ini semakin ketat sehingga banyak warga yang antusias mengikuti pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Yang daftar itu kemarin ada nenek-nenek sudah tua, pakai Alphard datang untuk mendaftar. Hari ini sudah sekitar 35 orang yang mendaftar," ucap Junaidi.

Menurut Junaidi, mereka yang tidak terdaftar pada pemilihan gubernur gelombang pertama disebabkan oleh banyaknya warga yang sudah pindah rumah, mengontrakkan rumahnya, atau menjual rumah di wilayah Jakarta. Mereka mau turut berpartisipasi dalam pemilihan gubernur leg kedua ini. Hal itu sah di mata hukum, selama warga tersebut memiliki Kartu Keluarga (KK) dan KTP Jakarta.

Seperti diberitakan sebelumnya, dari delapan kelurahan di wilayah Jakarta Barat, jumlah pendaftar baru untuk DPT gelombang kedua di Jakarta Barat berjumlah 13.211 DPT. Di kelurahan Tambora terdaftar 659 orang, Kebon Jeruk 2.769, Kali Deres 2.912, Cengkareng 3.330, Palmerah 445, Grogol 784, Kembangan 2.046, dan Taman sari 266 DPT. Pendaftaran gelombang kedua untuk pemilihan gubernur DKI Jakarta dimulai pada 25 Juli-29 Juli 2012. Kemudian KPU memperpanjang sampai 4 Agustus 2012.

Di wilayah kecamatan, pendaftaran sudah ditutup sejak 1 Agustus 2012, untuk KPU Kota ditutup sampai hari ini (3/8/2012) pukul 17.00 WIB, dan KPU provinsi ditutup Sabtu (4/8/2012) besok.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.