Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giliran Awak Kapal Penumpang Jalani Tes Urine

Kompas.com - 03/08/2012, 19:09 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com -- Setelah sopir bus trans Sulawesi menjalani tes kesehatan dan tes urine, kini giliran awak kapal penumpang yang bersandar di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar menjalani pemeriksaan yang dilakukan tim Dokter Kesehatan (Dokkes) Polda Sulawesi Selatan.

Pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi awak kapal menjelang mudik Lebaran nanti. Tim Dokkes Polda Sulsel yang bekerjasama dengan Polisi Air (Polair) Polda Sulsel naik ke Kapal Motor (KM) Tidar dan KM Kelimutu. Pemeriksaan kesehatan dan urine dilakukan di ruang makan penumpang kelas I yang terletak di dek 4.

Tes ini dilakukan saat penumpang dinaikkan dan diturunkan di Pelabuhan Internasional Soekarno-Hatta sekitar 2 jam sebelum kapal kembali berlayar. Satu per satu awak kapal didaftar dan diperiksa kesehatannya yang terlebih dahulu berupa pemeriksaan tekanan darah.

Usai menjalani pemeriksaan tekanan darah, barulah mereka diberikan tempat botol kecil untuk diambil sampel urinenya. Dari hasil pemeriksaan urine di dua kapal ini, tidak ditemukan adanya awak kapal yang menggunakan narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya.

Mualim Dua KM Tidar, Hindar Bahadi yang dimintai tanggapannya mengaku senang dengan pemeriksaan kesehatan dan urine awaknya. Sebab, menurutnya, kegiatan ini untuk mengantisipasi kecelakaan transportasi laut. Sebab, seluruh awak selama pelayaran membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

"Jumlah total awak KM Tidar sebanyak 104 orang. Semua diwajibkan melakukan pemeriksaan kesehatan dan urine. Apalagi, selama pelayaran yang membawa ratusan hingga ribuan jiwa manusia ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Hal ini juga untuk menghilangkan pemikiran negatif masyarakat terhadap awak kapal, dan alhamdulillah tidak ada yang terbukti menggunakan narkoba," ucap Hindar Bahadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com