Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Bertanggung Jawab Tangani Isu SARA

Kompas.com - 03/08/2012, 22:27 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menilai dirinya lebih berkepentingan menanggapi kampanye bermuatan suku, agama, ras, dan antargolongan menjelang putaran kedua Pilkada DKI Jakarta.

Banyak pihak yang menilai, kedua pasang calon gubernur dan wakil gubernur yang akan bertarung di putaran kedua, yakni Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli (Foke-Nara) dan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama (Jokowi-Ahok), sebaiknya bertemu untuk membahas permasalahan tersebut. Terkait ide untuk mempertemukan keduanya, calon petahana Fauzi Bowo menyambut baik inisiatif positif tersebut.

"Saya sambut itu inisiatif positif," katanya seusai melakukan buka bersama PD Pasar Jaya di Blok M Square, Jakarta Selatan, Jumat (3/8/2012) malam.

Pria yang kerap disapa Foke itu tidak secara gamblang menyebutkan apakah dirinya akan segera bertemu Jokowi untuk meredam isu SARA ini atau tidak. Dia hanya menekankan bahwa dirinyalah yang lebih bertanggung jawab terhadap persoalan tersebut di Jakarta. "Saya sebagai gubernur tentu lebih berkepentingan. Beliau baru mau jadi gubernur, bukan gubernur. Jadi sebagai gubernur, ini kepentingan saya," ucap Foke.

Menurut Foke, kampanye bernada SARA tidak memiliki tempat di negara yang berlandaskan Pancasila. Penyebaran isu SARA juga dianggap bertentangan dengan UUD 1945. "Sebagai gubernur, saya prihatin. Sepertinya ini dikembangkan oleh pihak-pihak tertentu. Mari kita jaga Kota Jakarta sama-sama. Jauhkan dari isu-isu seperti itu sehingga umat Islam bisa beribadah dengan tenang," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com