Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mediasi agar Pelajar Tersangka Penganiaya Tidak Ditahan

Kompas.com - 04/08/2012, 16:30 WIB
Ratih Prahesti Sudarsono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari Sabtu (4/8/2012) siang berlangsung mediasi antara keluarga korban, dan tersangka kasus penganiaan pelajar SMA Don Bosco di ruang pertemuan di Gedung Utama Polda Metro Jaya. Hadir juga dari KPAI dan Komnas PA.

Seto Mulyadi, dari Komnas PA, sebelum masuk ke ruang mediasi yang difasilitasi Polda Metro Jaya, mengatakan, ia datang untuk melihat seberapa jauh adanya mediasi ini.

Menurut Seto, para pelajar tersangka itu tidak harus ditahan. "Kalau memang mungkin, polda membebaskan mereka semua," katanya.

Dengan mencuatnya kasus kekerasan di SMA Don Bosco ini, Seto Mulyadi berharap setelah mediasi itu, tidak ada kekerasan lagi kepada anak di mana pun.

"Anak-anak harusnya mengikuti kegiatan positif. Memang kadang-kadang mereka penuh dengan energi, di mana energi yang berlebihan tidak tersalurkan. Jadi, kami mendesak pihak sekolah, dinas pendidikan, untuk bisa memberi aktivitas yang memungkinkan yang mampu menyalurkan energi anak-anak itu, seperti gelangang remaja," tuturnya.

Mengenai mediasi yang akan ia ikuti itu, Seto mengatakan, sesuai UU Perlindungan Anak, karena pelakunya masih anak-anak dan kepolisian punya hak diskresi. Kepolisian bisa memediasi dan mendamaikan, apakah harus masuk jalur hukum atau tidak.

"Tetapi yang penting, pihak sekolah harus memberikan pendidikan yang tepat, sehingga tidak terjkadi lagi, kekerasan dan tawuran dan kenakalan remaja," katanya.

Ia menambahkan, kasus hukum para pelajar tersangka ini berlanjut tergantung dari keluarga korban, apakah bisa memaafkan atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com